Penulis Utama : Raj. Tysa Kusumowardhani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0814106
Tahun : 2018
Judul : Analisis Kepuasan Konsumen Terhadap Produk Cokelat Monggo Di Kotagede, Daerah Istimewa Yogyakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.Pertanian - 2018
Kolasi :
Sumber : Surakarta-F.Pertanian, Program Studi Agribisnis-H0814106-2018
Subyek : KONSUMEN, KEPUASAN KONSUMEN, COKELAT
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Abstrak

Kakao merupakan salah satu komoditas ekspor dari subsektor perkebunan yang merupakan komoditas unggulan nasional dan memberikan sumbangan devisa ketiga terbesar setelah kelapa sawit dan karet. Salah satu jenis produk olahan dari kakao adalah cokelat. Konsumsi Cokelat di Indonesia dari tahun ketahun mengalami peningkatan yang memicu perkembangan industri cokelat. Salah satu pioner industri cokelat yang mengatasnamakan oleh-oleh khas Yogyakarta adalah Cokelat Monggo. Selama 13 tahun berdiri, persaingan dalam industri yang sama tidak dapat terelakkan selain itu harapan konsumen yang berubah dari waktu ke waktu maka dari itu Cokelat Monggo perlu mengetahui kepuasan konsumennya dan apa yang konsumennya inginkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepuasan konsumen terhadap produk Cokelat Monggo serta atribut-atribut produk Cokelat Monggo apa saja yang perlu diperbaiki untuk bahan evaluasi.
Metode dasar yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif dengan teknik penelitian survei. Metode penentuan lokasi secara purposive di outlet Cokelat Monggo Kotagede. Pengambilan sampel dengan metode judgement sampling dengan jumlah responden 100 orang. Jenis dan sumber data yang digunakan terdiri dari data primer dan sata sekunder. Teknik pengumplan data yang digunakan terdiri dari wawancara, observasi dan pencatatan. Analisis yang digunakan yaitu Customer Satisfaction Index menggunakan Program Microsoft Excel 2016 serta Importance Performance Analysis menggunakan Program SPSS 17.0.
Hasil perhitungan Costumer Satisfaction Index (CSI), tingkat kepuasan konsumen produk Cokelat Monggo yaitu sebesar 76.93% yang menunjukkan bahwa secara keseluruhan konsumen sudah merasa puas. Alternatif strategi pemasaran yang direkomendasikan yaitu pada strategi produk, pencantuman informasi kandungan gizi diusahakan disetiap varian produk Cokelat Monggo. Alternatif strategi distribusi yang dapat dilakukan adalah menyediakan prasarana penjualan atau display. Alternatif strategi harga yang disarankan adalah melakukan
sensitivitas harga. Alternatif strategi promosi yang dapat dilakukan menjadi sponsor kegiatan tertentu dan metode Word of Mouth (WOM). Peningkatan layanan informasi dapat dilakukan dengan membuat menu khusus untuk kritik dan saran, memperjelas akun resmi Cokelat Monggo disetiap produk maupun iklan dan promosi serta memperbaharui data website.
 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
cover.pdf
bab I.pdf
bab II.pdf
bab III.pdf
publikasi.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ir. Mohd. Harisudin, M.Si.,
2. Susi Wuri Ani S.P, M.P.,
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian