Penulis Utama : Atik Patnawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Evaluasi depresiasi aktiva tetap dengan metode garis lurus dalam pengaruhnya terhadap laba usaha pada CV. Sahabat Klaten
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F3300223-2003
Subyek : LABA
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Aktiva tetap merupakan aktiva-aktiva yang berwujud yang sifatnya relatif permanen yang digunakan dalam kegiatan perusahaan yang normal. Sedangkan depresiasi adalah sebagian dari harga perolehan aktiva tetap yang secara sistematis dialokasikan menjadi biaya setiap periode akuntansi.

Penggunaan metode depresiasi yang berbeda akan menghasilkan perbedaan biaya dan laba yang diperoleh perusahaan. Ketetapan dalam pemilihan metode depresiasi dan ketetlitian perhitungan depresiasi aktiva tetap akan menghasilkan laporan keuangan yang anadal. Berdasarkan pada pemikiran di atas, dilakukan penelitian dengan judul “EVALUASI DEPRESIASI AKTIVA TETAP DENGAN METODE GARIS LURUS DALAM PENGARUHNYA TERHADAP LABA USAHA PADA CV. SAHABAT KLATEN.”

Perumusan masalah yang akan diambil dari penelitian ini adalah apakah perusahaan sudah menyelenggarakan catatan akuntansi aktiva tetap dengan memaadai? Apakah depresiasi aktiva tetap sudah dihitung dengan tepat dan teliti? Dan apakah pengaruh atas pengguanaan metode depresiasi garis lurus terhadap laba usaha? Tujuan dari penelitian inii adalah untuk mengevaluasi perhitungan depresiasi aktiva tetap dengan metode garis lurus pada CV. Sahabat Klaten.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa perusahaan belum menghitung depresiasi aktiva tetap dengan tepat dan teliti. Hal ini disebabkan perusahaan menghitung depresiasi aktiva tetap yang dimiliki menurut ketentuan peraturan perpajakan. Perusahaan juga belum mengadakan buku pembantu aktiva tetap. Depresiasi yang dihitung dengan metode garis lurus adalah sama atau merata setiap tahun selama masa manfaat.

Catatan akuntansi aktiva tetap akan lebih memadai jika perusahaan menyelenggarakan buku pembantu aktiva tetap. Revaluasi aktiva tetap sebaiknya dilakukan karena perusahaan memiliki dan menggunakan aktiva tetap yang nilai bukunya telah habis didepresiasi dan aktiva tetap yang tidak efisien segera dihentikan pemakaiannya.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis