Penulis Utama : Yhuma Vega Andini
NIM / NIP : C0114068
×

 

Yhuma Vega Andini. C0114068. 2018. Aspek Religiusitas dalam Serat Anglingwulan Mbêdhah Kelani (Suatu Tinjauan Sosiologi Sastra). Skripsi: Jurusan Sastra Daerah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini, yaitu (1) Bagaimana struktur  Serat  Anglingwulan  Mbêdhah  Kelani  menurut  teori  Roman  Ingarden yang meliputi lapis bunyi, lapis arti, lapis objek, lapis dunia, dan lapis metafisis? (2) Bagaimana analisis sosiologi sastra dalam ajaran religiusitas yang terdapat dalam   Serat   Anglingwulan   Mbêdhah   Kelani?   (3)   Bagaimana   tanggapan masyarakat tentang bentuk ajaran dalam Serat Anglingwulan Mbêdhah Kelani dalam kehidupan zaman sekarang?

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan struktur dalam teks Anglingwulan  Mbêdhah  Kelani  menurut  teori  Roman  Ingarden  yang  meliputi lapis bunyi, lapis arti, lapis objek, lapis dunia, dan lapis metafisis, (2) Mendeskripsikan analisis sosiologi sastra dalam ajaran religiusitas yang terdapat dalam Serat Anglingwulan Mbêdhah Kelani, (3) Mendeskripsikan tanggapan masyarakat tentang bentuk ajaran dalam Serat Anglingwulan Mbêdhah Kelani dalam kehidupan zaman sekarang.

Manfaat dari penelitian ini secara teoritis untuk menambah wawasan dan teori-teori sosiologi sastra bagi perkembangan sastra, sedangkan secara praktis penelitian  ini  diharapkan  dapat  memberikan  sumber  informasi  bagi  pembaca.
Bentuk penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data primer adalah Serat Anglingwulan Mbêdhah Kelani. Data penelitian ini adalah unsur-unsur struktur dalam serat Anglingwulan Mbêdhah Kelani menurut teori Roman Ingarden yang meliputi lapis bunyi, lapis arti, lapis objek, lapis dunia, dan lapis metafisis serta aspek sosiologi sastra. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini adalah Content Analysis atau Analisis Isi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan Reduksi Data, Sajian Data, Verifikasi

Simpulan penelitian ini adalah (1) Serat Anglingwulan Mbêdhah Kelani memenuhi norma-norma puisi menurut teori Roman Ingarden yang meliputi lapis bunyi, lapis arti, lapis objek, lapis dunia, dan lapis metafisis. (2) Isi ajaran dari Serat Anglingwulan Mbêdhah Kelani masih relevan dengan kehidupan sekarang, (3) Ajaran yang terdapat dalam Serat Anglingwulan Mbêdhah Kelani adalah menyembah  dan  meminta pertolongan  kepada  Tuhan,  ajaran  untuk  berikhtiar, ajaran untuk sabar, ajaran untuk mentaati segala perintah Tuhan.
Kata Kunci: Serat Anglingwulan Mbêdhah Kelani, Aspek Religiusitas, Sosiologi Sastra.

 

×
Penulis Utama : Yhuma Vega Andini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0114068
Tahun : 2018
Judul : Aspek Religiusitas dalam Serat Anglingwulan Mbêdhah Kelani (Suatu Tinjauan Sosiologi Sastra)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ilmu Budaya - 2018
Program Studi : S-1 Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ilmu Budaya-Prog. Sastra Daerah- C0114068-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Sundari, M.Hum
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.