Penulis Utama : Winarsih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2003
Judul : Analisis perawatan mesin dalam menunjang kelancaran proses produksi pada perusahaan tekstil PT. Sari Warna III Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2003
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0298129-2003
Subyek : MANAJEMEN PRODUKSI
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Pemeliharaan dan penggunaan bahan adalah dua fungsi pelayanan penting dalam kegiatan produksi. Pemeliharaan yang baik menjamin kelancaran proses produksi, hal ini dihasilkan dari kombinasi pemeliharaan-pemeliharaan preventif yang mengantisipasi kerusakan mesin dan perbaikan kerusakan secepat mungkin. PT. Sari warna III Surakarta dalam hal ini berupaya untuk meningkatkan efektivitas pemeliharaan mesin tenunnya dengan melaksanakan kegiatan-kegiatan pemeliharaan baik dengan preventif atau korektif.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana pelaksanaan perawatan mesin-mesin produksi yang telah dilaksanakan oleh perusahaan, mengetahui faktor-faktor penyebab terjadinya kemacetan atau kerusakan , pada saat proses produksi berlangsung dan dapat melakukan evaluasi kebijaksanaan perawatan mesin produksi yangtelah dilaksanakan oleh perusahaan.

Penetian ini bersifat study kasus dan hanya terbatas pada departemen weaving di PT. Sari Warna III Surakarta. Pengamatan dilakukan secara mendalam terhadap faktor-faktor yang menyebabkan permasalahan dalam pemeliharaan mesin, mengetahui akibat yang ditimbul dari masalah tersebut dan berusaha memberikan alternatif pemecahan masalah, untuk kemudian mengevaluasi dan menentukan pilihan dari alternatif pemecahan masalah dengan terlebih dahulu menguji dengan metode kuantitatif dan metode kualitatif statistik.

Hasil analisis menunjukkan bahwa permasalahan kurang efektifnya pemeliharaan di PT. Sari Warna III disebabkan oleh usia teknis mesin yang sudah tua dan kurang tersedianya sparepart, sehingga tingkat down time mesin produksi, berkisar antara 45 jam sampai 54 jam atau rata-rata 50 jam perbulan untuk kerusakan 600 jam pertahun (2001). Dalam pengujian kuantitatif statistik dengan cara menentukan distribusi kerusakan ditemukan bahwa rata-rata jam berhenti 50 jam dan Sd = 3,38 dengan maksimum rata-rata breakdown time 53,38. Sedangkan melalui penentuan distribusi probabilitas dapat diketahui menurunnya produktivitas mesin mulai terjadinya kemacetan atau kerusakan mesin.

Berdasarkan hasil analisis kita dapat menyimpulkan bahwa pemeliharaan mesin-mesin produksi dari PT. Sari Warna III belum efektif oleh karena itu preventif mantenance perlu untuk ditingkatkan.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Dra. Mahastuti Agung, MS
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis