Penulis Utama : Artha Wahyu Widyaputra
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2003
Judul : Analisis efisiensi usaha tani melon di Kabupaten Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2003
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0196032-2003
Subyek : EKONOMI PERTANIAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini mengambil topik efisiensi usahatani melon, lokasi penelitian ini adalah Kabupaten Sukoharjo.

Pembangunan pertanian adalah suatu proses yang bertujuan untuk meningkatkan produksi hasil pertanian sekaligus meningkatkan produktifitas dan pendapatan petani dengan cara menambah modal dan skill, serta ditujukan untuk menjadikan sektor pertanian semakin kuat guna mendukung perkembangan sektor industri.

Usahatani sangat beragam macam jenisnya, usahatani melon perlu mendapat perhatian untuk dikembangkan mengingat bidang usaha ini sangat potensial dalam penyerapan tenaga kerja dan dalam meningkatkan pendapatan masyarakat untuk memperbaiki taraf hidupnya maka penulis tertarik untuk meneliti masalah tersebut.

Sebagai perumusan masalah dalam penelitian ini. Pertama seberapa besar pengaruh faktor produksi luas lahan, bibit, pupuk, pestisida dan tenaga kerja terhadap hasil produksi melon. Kedua, apakah penggunaan faktor produksi luas lahan, bibit, pupuk, pestisida dan tenaga kerja sudah memenuhi persyaratan efisiensi secara teknis dan efisiensi secara ekonomis. Ketiga, apakah terdapat perbedaan produktifitas antara antara petani yang mempunyai tanah garapan lebih dari setengah hektar dengan yang kurang dari setengah hektar.

Sehubungan dengan masalah tersebut dan hipotesis sebagai berikut: Pertama faktor produksi luas lahan, bibit, pupuk, pestisida, dan tenaga kerja. Berpengaruh secara positif dan nyata terhadap terhadap hasil produksi melon. Kedua, dalam mengembangkan usahanya para petani belum mengkoordinasikan input-input secara optimum. Ketiga, produktifitas petani yang mempunyai tanah garapan lebih dari setengah hektar lebih tinggi daripada yang kurang dari setengah hektar.

Sejalan dengan masalah tersebut dan hipotesis penelitian, maka penelitian ini dilaksanakan dengan metode purposive area sampling dimana pengambilan sampel berdasarkan dengan pertimbangan tertentu dan dengan metode stratified random sampling untuk menentukan sampel petani. Untuk menganalisa data yang diperoleh menggunakan analisis fungsi produksi Cobb-Douglass dan analisis fungsi keuntungan Cobb-Douglass.

Hasil analisis menunjukkan. Pertama, faktor produksi luas lahan, bibit, pupuk, pestisida dan tenaga kerja berpengaruh secara positif dan nyata terhadap produksi melon. Kedua, dalam mengembangkan usahanya para petani belum mengkoordinasikan input-input secara optimum. Ketiga, produktifitas petani yang mempunyai tanah garapan lebih dari setengah hektar lebih tinggi daripada yang kurang dari setengah hektar.

Saran-saran yang diberikan adalah hasil produksi melon masih bisa ditingkatkan dengan menambah faktor-faktor produksi yang digunakan. Petani harus menambah luas lahan agar produktifitasnya meningkat.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis