Penulis Utama : Ratih Dwi Astuti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2003
Judul : Studi macam substrat tumbuh dan macam formula nutrisi terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman tomat (Lycopersicum esculentum Mill.) secara hidroponik
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Pertanian UNS - 2003
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Pertanian NIM.H 0100079-2003
Subyek : TOMAT
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Hidroponik substrat adalah metode budidaya tanaman yang akarnya tumbuh pada substrat porous selain tanah, yang dialiri larutan nutrisi sehingga memungkinkan memperoleh air, nutrisi dan oksigen secara cukup. Tanaman dapat memberikan hasil maksimal bila mendapatkan macam substrat dan macam nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan tanaman. Kombinasi bahan substrat dimungkinkan berpengaruh positif terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman tomat. Keefektifan dan keefisienan dari suatu macam nutrisi juga akan sangat memberikan keuntungan yang lebih.

Tujuan penelitian untuk mempelajari pengaruh macam substrat tumbuh dan macam nutrisi serta interaksi antara kombinasi keduanya terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman tomat secara hidroponik.

Penelitian ini telah dilaksanakan di screen house Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret pada bulan April 2004 sampai September 2004 pada ketinggian tempat 95 m diatas permukaan laut. Penelitian ini dirancang menggunakan RAL. Rancangan untuk peubah pertumbuhan menggunakan RAL secara faktorial yang terdiri dari dua faktor dan lima ulangan. Faktor I adalah macam substrat tumbuh yang terdiri dari lima taraf (arang sekam dalam slab, arang sekam dalam polibag, abu sekam, abu + kerikil dan abu + pecahan batu bata), dan faktor II adalah macam nutrisi yang terdiri dari dua taraf (nutrisi Joro A&B Mix dan nutrisi dari Praktisi Yos Sutiyoso). Sedangkan rancangan yang dipakai untuk peubah hasil dan komponen hasil adalah RAL dengan sembilan perlakuan dan lima ulangan. Sembilan perlakuan tersebut adalah arang sekam dalam slab dengan nutrisi Joro A&B Mix, arang sekam dalam polibag dengan Joro A&B Mix, abu sekam dengan Joro A&B Mix, abu sekam + kerikil dengan Joro A&B Mix, abu sekam + pecahan batu bata dengan Joro A&B Mix, arang sekam dalam polibag dengan nutrisi Praktisi, abu sekam dengan nutrisi Praktisi, abu sekam + kerikil dengan nutrisi Praktisi, dan abu sekam + pecahan batu bata dengan nutrisi Praktisi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa macam substrat tumbuh dan macam nutrisi berpengaruh terhadap bobot segar brangkasan dan bobot kering brangkasan. Macam substrat berpengaruh terhadap tinggi tanaman dan kandungan klorofil daun 7 mst, sedangkan macam nutrisi berpengaruh terhadap kandungan klorofil daun 11 mst. Untuk peubah hasil dan komponen hasil, menunjukkan bahwa perlakuan arang sekam dalam slab dengan nutrisi Joro A&B Mix memberikan hasil purata yang relatif lebih baik bila dibandingkan dengan macam perlakuan lain.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Ir. Dwi Harjoko, MP
2. 4. Ir. Bambang Pujiasmanto, MS
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian