Penulis Utama : Anto Widiatmono
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Analisis novel kupu-kupu malam karya Achmad Munif (sebuah pendakatan sosiologi sastra)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Sastra UNS - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Sastra NIM.C 0298010-2004
Subyek : FIKSI INDONESIA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Pembatasan masalah meliputi problem-problem sosial kemiskinan, pelacuran, dan kejahatan (pembunuhan, pemerkotaan, pemerasan, penganiayaan, penipuan, fitnah, dan perdagangan wanita). Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mendeskripsikan problem-problem sosial yang terdapat dalam novel KKM yang meliputi masalah kemiskinan, pelacuran, dan kejahatan, (2) mengungkapkan respon pengarang terhadap problem-problem sosial tersebut.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, yang pengungkapannya bersifat deskriptif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini pendekatan sosiologi sastra.

Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik kepustakaan, wawancara, dan kuesioner. Teknik yang digunakan untuk menarik kesimpulan adalah dengan teknik induktif yaitu pola penarikan kesimpulan dengan cara berpikir berdasarkan pengetahuan yang bersifat khusus untuk menemukan kesimpulan yang bersifat umum.

Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah sebagai berikut.

1. Problem-problem sosial yang terkandung di dalam novel KKM meliputi ; kemiskinan, pelacuran, dan kejahatan. Kemiskinan terjadi karena masyarakat tidak memiliki faktor produksi seperti tanah, modal dan keterampilan yang cukup sehingga kemampuan memperoleh pendapatan menjadi sangat terbatas, mereka tinggal di pedesaan, tidak memiliki tanah, kalaupun ada kecil sekali, pekerjaannya sebagai buruh tani atau pekerja kasar diluar pertanian, tidak mempunyai keterampilan dan pendidikan yang memadai. Pelacuran terjadi karena faktor kemiskinan, dendam terhadap laki-laki, dan korban penipuan. Kejahatan meliputi pembunuhan, pemerkosaan, pemerasan, penganiayaan, penipuan, fitnah dan perdagangan wanita terjadi karena tuntutan ekonomi dan dendam.

2. Respon pengarang dalam novel ini meliputi; (a) respon pengarang terhadap kemiskinan. Sebagai manusia yang mempunyai akal dan fikiran jangan kita mengkambinghitamkan kemiskinan untuk melakukan pekerjaan haram karena kemiskinan bukanlah akhir dari segalanya, berusahalah di jalan yang benar, (b) respon pengarang terhadap pelacuran. Pengarang menyarankan agar para wanita jangan sampai mengambil jalan pintas untuk mencukupi kebutuhannya, (c) respon pengarang terhadap kejahatan. Apa pun status sosial seseorang tidak memberikan jaminan bahwa ia selalu mempunyai sifat dan tingkah laku yang baik karena dalam diri manusia selalu tersimpan potensi kejahatan dan kebaikan. Kita harus bersama-sama memberantas dan memerangi kejahatan, tetapi yang paling berperanpenting adalah kondisi moral, perekonomian, hukum dan keadilan di negara ini harus kuat, maka penyakit itu akan dapat ditekan pertumbuhannya.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. H. Soediro Satoto
2. Dr. H. Bani Sudardi, M.Hum
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Sastra dan Seni Rupa