Penulis Utama : Jarot Budi Prakoso
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Kemampuan rasio likuiditas, profitabilitas, aktivitas dan solvabilitas untuk memprediksi perubahan laba perusahaan manufaktur dengan memperhatikan ukuran perusahaan (studi kasus pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta tahun 1999 –
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0200065-2005
Subyek : LABA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan prediksi rasio likuiditas, profitabilitas, aktivitas dan solvabilitas terhadap perubahan laba dengan mempertimbangkan faktor ukuran perusahaan pada perusahaan manufaktur. Sehubungan dengan tujuan tersebut maka diajukan hipotesis pertama sebagai berikut pertumbuhan rasio keuangan mampu memprediksi perubahaan laba. Sedangkan hipotesis kedua adalah ukuran perusahaan berpengaruh terhadap kemampuan prediksi rasio keuangan terhadap perubahan laba.

Untuk menguji hipotesis tersebut maka penelitian ini menggunakan populasi seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling yang dibatasi dengan adanya spesifikasi sampel yang sesuai dengan informasi yang dibutuhkan dan kriteria – kriteria yang telah ditentukan. Variabel dalam penelitian ini adalah perubahan laba sebagai variabel dependen sedangkan pertumbuhan rasio likuiditas, profitabilitas, aktivitas dan solvabilitas sebagai variabel independen. Ukuran perusahaan sebagai variabel moderator yaitu variabel yang memperkuat atau memperlemah variabel dependen. Pengujian data menggunakan uji normalitas dan asumsi klasik. Pengujian model hipotesis menggunakan analisis regresi berganda yaitu meliputi uji F, uji R dan uji t. Untuk menguji pengaruh ukuran perusahaan sebagai hipotesis kedua menggunakan analisis regresi berganda dengan variabel dummy.

Hasil pengujian data diperoleh 81 perusahaan manufaktur sebagai sampel dan telah memenuhi ketentuan normalitas data dan bebas dari penyimpangan asumsi klasik. Sedangkan hasil analisis regresi hipotesis pertama menunjukkan variabel pertumbuhan rasio secara serentak mempengaruhi variabel pertumbuhan laba secara signifikan karena F (243,009) > F ( 2,45) dan p-value (0,000) < 0,05. Hasil pengujian regresi berganda menghasilkan nilai R yang telah disesuaikan (adjusted R ) sebesar 0,924. Hal ini berarti 92% total variasi variabel dependen yaitu pertumbuhan laba dapat dijelaskan oleh variasi variabel independen yaitu pertumbuhan likuiditas, profitabilitas, solvabilitas dan aktivitas. Sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel lain. Variabel pertumbuhan profitabilitas (NPM) dan aktivitas (TAT) masing – masing berpengaruh secara signifikan terhadap pertumbuhan laba karena nilai t > t (2,00) dan p-value < 0,05.

Hasil analisis regresi yang kedua menunjukkan tidak ada perbedaan hubungan antara rasio likuiditas, profitabilitas, aktivitas dan solvabilitas secara signifikan terhadap usaha memprediksi perubahan laba pada perusahaan manufaktur dengan ukuran besar dan kecil. Variabel dummy dalam penelitian ini tidak menunjukkan pengaruhnya dalam perubahan laba Hal ini dapat dilihat dari tingkat signifikansi ukuran perusahaan sebesar 0,983 yang lebih besar dari 0,05.

Berdasarkan temuan – temuan tersebut maka dianjurkan saran – saran agar penelitian selanjutnya mempertimbangkan penggunaan sampel dari seluruh perusahaan di BEJ, mempertimbangkan jangka waktu penelitian serta efek industri dan faktor ekonomi seperti tingkat bunga untuk perluasan penelitian ini.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Heru Agustanto, SE, ME
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis