Penulis Utama : Aris Sugiyanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Analisis keberhasilan pengusaha produk unggulan kota Surakarta tahun 2002
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0100020-2004
Subyek : MANAJEMEN PRODUKSI
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Dalam penelitian ini dilakukan analisis mengenai besarnya pengaruh dari variabel-variabel seperti modal, jumlah produksi, tenaga kerja, upah , bahan baku dan lama usaha terhadap keuntungan atau laba dari pengusaha produk unggulan unggulan Kota Surakarta. kemudian dicari faktor paling dominan yang berpengaruh terhadap keuntungan.

Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dengan interview atau tanya jawab secara langsung kepada responden dibimbing dengan daftar pertanyaan yang tersedia. Penentuan jumlah sampel dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode slovin . Dari populasi 446 diambil sampel sebanyak 82 pengusaha.Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode area proportional random sampling.

Dari hasil analisis dengan menggunakan model regresi Semilog, diketahui bahwa keuntungan atau laba yang diperoleh pengusaha produk unggulan dipengaruhi oleh modal, jumlah produksi, tenaga kerja, upah , bahan baku dan lama usaha pada tingkat signifikansi  5 %. Modal, jumlah produksi, upah dan lama usaha memiliki pengaruh positif dengan koefisien elastisitas modal sebesat 1.78x10-6 yang berarti jika terjadi penambahan atau kenaikan faktor modal sebesar satu satuan maka akan meningkatkan keuntungan pengusaha sebesar 1.78x10-6 %, koefsien elastisitas Jumlah produksi  9.93x10-6 yang berarti jika terjadi penambahan jumlah produksi sebanyak satu satuan maka akan diikuti dengan peningkatan keuntungan pengusaha sebanyak  9.93x10-6 %. Koefisien elastisitas upah 2,84x10-4, ini berarti bahwa jika tejadi kenaikan upah sebesar satu satuan maka keuntungan pengusaha akan meningkat sebesar 2,84x10-4 %. Koefisien elastisitas lama usaha 5,4469 x10-2 yang berarti bahwa jika terjadi peningkatan lama usaha sebesar satu satuan waktu maka akan berdampak pada meningkatnya keuntungan pengusaha sebesar  5,4469 x10-2 %. Sedangkan variabel tenaga kerja dan bahan baku berpengaruh negatif terhadap keuntungan usaha yaitu jika terjadi penambahan tenaga kerja sebanyak satu satuan maka akan berdampak pada penurunan keuntungan pengusaha sebesar 0,125958 %, jika terjadi penambahan bahan baku sebanyak satu satuan maka akan berpengaruh terhadap keuntungan pengusaha yaitu berupa penurunan keuntungan pengusahya sebesar7.24x10-6 %.

Dari penelitian ini disampaikan saran hendaknya diberikan bantuan modal kepada pengusaha guna meningkatkan keuntungan, serta kerjasama berbentuk kemitraan antara pengusaha besar dan pengusaha produk unggulan.

 

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Wahyu Agung Setyo
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis