Penulis Utama : Darmawan Fitriyanto Ediwibowo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Penerapan activity based costing sebagai alternatif dalam perhitungan harga pokok produksi (studi kasus pada PT. Wangsa Jatra Lestari, Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0399028-2004
Subyek : HARGA POKOK
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

PT. Wangsa Jatra Lestari merupakan perusahaan yang bergerak dalam jasa percetakan. Salah satu permasalahan yang penting bagi manajer adalah masalah penentuan harga pokok produk. Dengan memahami bagaimana cara kerja sistem akuntansi biaya akan membantu manajer untuk menghindari ketidaktahuan tentang adanya harga pokok yang salah. Bertitik tolak dari permasalahan tersebut, maka penulis tertarik untuk mengadakan penelitian dengan judul:

“PENERAPAN ACTIVITY BASED COSTING SEBAGAI ALTERNATIF DALAM PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI PADA PT. WANGSA JATRA LESTARI, SURAKARTA “.

Dengan penerapan sistem Activity Based Costing diharapkan perusahaan dapat memperoleh informasi harga pokok yang akurat dengan mengidentifikasi aktivitas dan mengumpulkan biaya sesuai dengan pola perilaku biaya tersebut.

Berdasarkan masalah tersebut maka penelitian dilakukan dengan menganalisa penyebab distorsi dalam perhitungan harga pokok perusahaan, dan menyusun rancangan penerapan sistem ABC di perusahaan, serta mengidentifikasi kesulitan dalam penerapan sistem ABC.

Hasil analisis data menunjukkan: 1). Dasar perhitungan tarif biaya overhead yang digunakan perusahaan menimbulkan distorsi dalam perhitungan harga pokok produksi karena menggunakan volume related driver, yang tidak dapat menunjukkan hubungan sebab akibat; 2). Biaya-biaya departemen pembantu yang bersifat fixed tidak dapat ditelusur ke produk; 3). Peningkatan komponen biaya overhead yang berkaitan dengan konsumen, sehingga memerlukan banyak driver dalam membebankan biaya overhead kepada produk; 4). PT. Wangsa Jatra Lestari sesuai untuk menerapkan sistem ABC, karena komponen biaya produksi perusahaan memenuhi aturan the willie sutton rule, dan produk serta proses produksinya memenuhi aturan the high diversity rule; 5). Sistem activity based costing dapat diterapkan apabila biaya overhead dianggarkan dan dilakukan pengukuran rasio konsumsi aktivitas homogen.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Yacob Suparno, M. Si, Ak.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis