Penulis Utama : Daniel Spetyargo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Country of origin stereotyping dalam persepsi terhadap kualitas dan harga produk sepeda motor cina dan jepang (survai pada mahasiswa Universitas Sebelas Maret Surakarta 2004)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0200040-2004
Subyek : INDUSTRI BESAR
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Produk-produk otomotif sepeda motor yang ditawarkan di Indonesia saat ini semakin banyak jenis dan variasinya, terutama oleh kehadiran motor Cina. Di tengah-tengah persaingan antarproduk Jepang yang sudah memiliki pangsa pasar luas di Indonesia, produk-produk asal Cina terus mengalir mencari pasar baru. Keadaan seperti itu memerlukan suatu usaha yang keras dari para pemasar sepeda motor untuk menjadikan nama merek produknya menjadi nomor satu di antara kategori produk lainnya. Salah satu pilihan strategis yang dapat digunakan adalah dengan mengasosiasikan merek dengan suatu negara asalnya (Country of Origin) yang akan menambah ataupun mengurangi kredibilitas suatu brand. Setiap individu di negara tertentu juga berbeda-beda dalam hal memberikan arti penting country of origin bagi mereka dan persepsinya terhadap berbagai negara. Implikasinya, reputasi suatu negara bisa berbeda-beda di setiap negara dan bisa berubah seiring perubahan waktu.

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui : 1) Bagaimana brand awareness responden terhadap sepeda motor-sepeda motor yang ada di Indonesia ?, 2) Bagaimana persepsi responden terhadap kualitas produk dan harga sepeda motor Cina dan Jepang ?, 3) Apakah terdapat perbedaan persepsi terhadap kualitas produk sepeda motor Cina dan Jepang ?, 4) Apakah terdapat perbedaan persepsi terhadap harga sepeda motor- sepeda motor buatan Cina dan Jepang ?

Hipotesis yang diajukan adalah sebagai berikut : 1) Terdapat perbedaan persepsi terhadap kualitas produk sepeda motor Cina dan Jepang, 2) Terdapat perbedaan persepsi terhadap harga produk sepeda motor Cina dan Jepang.

Untuk mengetahui persepsi mengenai kualitas dan harga dari kedua negara asal digunakan mean dan untuk menguji hipotesis tersebut, penelitian dilakukan dengan menggunakan paired sample t-test karena jenis sampel adalah sampel berpasangan. Penelitian ini mengambil tempat di Universitas Sebelas Maret Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa aktif di Universitas Sebelas Maret Surakarta. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 100 responden. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling, dengan kriteria sampel bahwa responden tidak memiliki sepeda motor pribadi dan ingin memiliki sepeda motor pribadi.

Dari hasil penelitian Brand Awareness dapat diketahui bahwa merek Honda menempati top of mind awareness, Yamaha menempati unaided awareness (rank I), Suzuki menempati unaided awareness (rank II), dan Kawasaki menempati unaided awareness (rank III). Keempat merek sepeda motor tersebut diketahui berasal dari Jepang, sedangkan sepeda motor-sepeda motor dari Cina masih berada di bawah merek-merek Jepang. Dari hasil penelitian nilai mean, data menunjukkan bahwa responden menilai/mempersepsikan bahwa kualitas sepeda motor dari negara Jepang lebih baik daripada kualitas sepeda motor yang berasal dari Cina dan harga sepeda motor yang berasal dari Jepang dipersepsikan lebih tinggi daripada sepeda motor yang berasal dari Cina. Dari hasil analisis paired sample t-test, data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan persepsi yang signifikan terhadap kualitas produk sepeda motor Cina dan Jepang dan terdapat perbedaan persepsi yang signifikan terhadap harga produk sepeda motor Cina dan Jepang.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis