Penulis Utama : Winda Oktriani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Pengaruh faktor demografi dan personality terhadap keahlian dalam end-user computing (EUC) akuntan pendidik dan mahasiswa akuntansi di kota Solo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2004
Kolasi : xiii, 79 hal.
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0300082-2004
Subyek : KOMPUTER DALAM BISNIS
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji kembali validitas instrumen penelitian yang digunakan oleh Rifa (1999). Jadi, penelitian ini mereplikasi penelitian yang dilakukan oleh Rifa (1999) terhadap karyawan perusahaan perbankan. Dengan menggunakan objek penelitian yang berbeda yaitu akuntan pendidik dan mahasiswa akuntansi pada beberapa perguruan tinggi di Kota Solo akankah instrumen penelitian yang digunakan oleh Rifa (1999) memberikan hasil yang sama. Variabel-variabel yang digunakan dalam penelitian Rifa (1999) juga digunakan dalam penelitian ini. Variabel-variabel tersebut terdiri dari faktor demografi dan faktor personality yang merupakan variabel independen. Variabel dependennya adalah keahlian dalam end-user computing. Faktor demografi terdiri dari variabel umur, jenis kelamin, pendidikan dan pengalaman menggunakan komputer. Dari variabel independen pertama ini dapat dikembangkan empat hipotesis. Faktor personality terdiri atas variabel computer anxiety, computer attitudes dan math anxiety. Computer anxiety diukur melalui fear dan anticipation. Computer attitudes diukur melalui pessimism, optimism dan intimidation. Jadi, dari faktor personality dapat dikembangkan enam hipotesis. Kesepuluh variabel  yang mewakili kedua variabel independen penelitian akan diuji pengaruhnya terhadap variabel dependen (keahlian dalam EUC).

            Sejalan dengan masalah tersebut, maka penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan teknik Korelasi Spearman. Metode ini dipilih karena penelitian ini mengadakan hubungan dependensi antara variabel dependen (keahlian dalam EUC akuntan pendidik dan mahasiswa akuntansi) dan variabel independen (faktor demografi dan personality).

            Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan akuntan pendidik sebagai responden menunjukkan bahwa variabel fear, anticipation dan intimidation terbukti berhubungan secara signifikan dengan keahlian EUC akuntan pendidik. Hal ini dapat dibuktikan dengan signifikansi atas nilai r yang berada di bawah 0,01. Berdasarkan hasil tersebut maka H5a, H5b dan H6c diterima sedangkan H1, H2, H3, H4, H6a, H6b dan H7 ditolak.

Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan mahasiswa jurusan akuntansi sebagai responden menunjukkan bahwa variabel umur, pengalaman, fear, anticipation optimism, intimidation dan math anxiety terbukti berhubungan secara signifikan dengan keahlian EUC mahasiswa jurusan akuntansi. Hal ini dapat dibuktikan dengan signifikansi atas nilai r yang berada di bawah 0,01 dan 0,05. Berdasarkan hasil tersebut maka H1, H4, H5a, H5b, H6b, H6c dan H7 diterima sedangkan H2, H3 dan H6a ditolak.

            Hasil penelitian ini dapat ditindaklanjuti terutama dalam upaya memberikan masukan untuk meningkatkan keahlian dalam menggunakan komputer akuntan pendidik dan mahasiswa akuntansi. Harapannya adalah agar jangan hanya karena faktor seperti kurangnya pengalaman dalam menggunakan komputer, kecemasan dalam menggunakan komputer dan sikap yang keliru terhadap penggunaan komputer menyebabkan keahlian dalam menggunakan komputer menjadi tidak optimal.

            Usaha untuk senantiasa meningkatkan keahlian agar dapat menyesuaikan kualitas lulusan dengan kebutuhan lapangan pekerjaan dapat diusahakan oleh akuntan pendidik dan mahasiswa akuntansi secara pribadi maupun institusi pendidikan. Aplikasi secara nyata di masa mendatang adalah dapat diusahakannya perubahan atau penambahan jam kuliah yang cukup untuk mata kuliah yang memang perlu diaplikasikan pada komputer. Hal lain yang mungkin dapat diusahakan adalah pelatihan bagi para dosen maupun mahasiswa akuntansi secara berkala agar dapat menyesuaikan diri dengan kemajuan teknologi yang ada saat ini. Dengan demikian, akuntan pendidik pun dapat memberikan tambahan ilmu yang bermanfaat bagi mahasiswa dan mahasiswa pun dapat senantiasa memperbarui keahliannya. Tujuannya agar proses belajar mengajar dapat memberikan hasil dan pemahaman yang baik bagi mahasiswa. Selain itu,  tujuan akhir untuk menghasilkan output yang baik dapat dicapai. Lebih lanjut, lulusan yang memiliki keahlian di bidang akuntansi yang baik ditambah dengan nilai plus pada bidang teknologi dapat cepat memperoleh pekerjaan karena pemenuhan kualifikasi di bidang teknologi tersebut.

 

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis