Penulis Utama : Diana Aries Setyarini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Analisis pengaruh faktor-faktor bauran pemasaran terhadap loyalitas konsumen produk kopi nescafe (survey di wilayah Kota Surakarta, Jawa Tengah)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F020003-2005
Subyek : MANAJEMEN PEMASARAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor-faktor bauran pemasaran seperti faktor produk, faktor harga, faktor iklan dan faktor distribusi terhadap loyalitas konsumen produk kopi Nescafe di wilayah Kota Surakarta pada tahun 2004. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) Faktor produk, harga, iklan dan distribusi secara parsial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas konsumen produk kopi Nescafe. (2) Faktor produk, harga, iklan dan distribusi secara bersama sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas konsumen produk kopi Nescafe. (3) Faktor produk merupakan faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi loyalitas konsumen produk kopi Nescafe.

Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen produk kopi Nescafe yang loyal, yang bertempat tinggal di wilayah Kota Surakarta. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah konsumen produk kopi Nescafe yang loyal, yang telah melakukan pembelian produk kopi Nescafe sebanyak delapan kali pembelian dari sepuluh kali pembelian, yang bertempat tinggal di wilayah kota Surakarta sebanyak 100 orang. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah convinience sampling.. Data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder. Pengumpulan data primer dilakukan melalui instrumen penelitian kuesioner, sedangkan data sekunder diperoleh dari BPS Surakarta. Data primer yang telah terkumpul diuji tingkat validitas dan reliabilitasnya untuk mengetahui seberapa cermat dan konsisten alat ukur yang digunakan.Analisis data yang di lakukan dalam penelitian ini meliputi analisis deskriptif dan kuantitatif. Analisis deskriptif digunakan untuk mengambarkan karakteristik responden dan tanggapan responden terhadap setiap item kuesioner. Pada analisis kuantitatif digunakan analisis regresi berganda, uji t, uji F, dan uji koefisien determinasi ( R2 ), untuk mengetahui pengaruh dari faktor produk, harga, iklan dan distribusi terhadap loyalitas konsumen produk kopi Nescafe.

Hasil analisis data menunjukkan bahwa semua variabel independen yaitu: produk, harga, iklan, dan distribusi secara parsial dan bersama-sama mempunyai pengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen produk kopi Nescafe di wilayah Kota Surakarta, dan berdasarkan uji parsial faktor produk mempunyai pengaruh yang dominan terhadap loyalitas konsumen kopi Nescafe di banding ketiga faktor lainnya. Menurut hasil penelitian, variasi perubahan faktor dependen (loyalitas konsumen) dapat di jelaskan oleh variasi perubahan faktor independen ( produk, harga, iklan dan distribusi ) sebesar 75,4%.

Kesimpulan yang diperoleh adalah : (1) Faktor produk, harga, iklan, dan distribusi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas konsumen produk kopi Nescafe, baik secara parsial maupun secara bersama-sama. (2) Faktor produk merupakan faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi loyalitas konsumen. Saran yang danjurkan adalah perusahaan hendaknya mampu mempertahankan dan meningkatkan kualitas produknya, di samping merancang dan menerapkan strategi pemasaran yang baik dan tepat terhadap keseluruhan bauran pemasarannya ( faktor produk, harga, iklan, dan distribusi ) agar dapat mempertahankan dan meningkatkan loyalitas konsumennya.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis