Penulis Utama : Anjas Pradita
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Hubungan komitmen organisasi dan tanggung jawab kerja karyawan pada CV. Mutiara Solo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F1202008-2005
Subyek : MANAJEMEN PEGAWAI
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Karyawan yang memiliki komitmen tinggi akan membawa sukses bagi organisasi, seperti tumbuhnya saling percaya, komunikasi menjadi terbuka, menonjolkan sikap kebersamaan, mempercepat pengambilan keputusan serta terselesaikannya konflik. Karyawan yang dalam bekerjanya memiliki tanggung jawab kerja dapat dikatakan bahwa mereka memiliki komitmen yang tinggi untuk keberhasilan organisasi. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui signifikansi hubungan komitmen organisasi dengan tanggung jawab kerja karyawan. 2) Untuk mengetahui pengaruh variabel-variabel komitmen organisasi ( loyal terhadap organisasi, bertanggung jawab terhadap organisasi, hasrat yang kuat untuk bekerja keras pada organisasi, percaya terhadap nilai- nilai dan tujuan organisasi) secara parsial terhadap tanggung jawab kerja karyawan. 3) Untuk mengetahui pengaruh keempat variabel-variabel komitmen organisasi secara bersama-sama terhadap tanggung jawab kerja karyawan. 4) Untuk mengetahui dari keempat variabel komitmen organisasi manakah yang berpengaruh paling dominan terhadap tanggung jawab kerja karyawan.

Penelitian ini adalah menggunakan metode survei dan diambil 80 orang sebagai sampel dengan teknik pengambilan sampel proporsional random sampling.

Analisa data yang digunakan adalah uji validitas dan realibilitas, analisa deskriptif, analisa regresi linear, uji F dan uji t. Dari hasil uji validitas dan reliabilitas dapat diketahui bahwa semua butir pertanyaan variabel komitmen organisasi (loyal terhadap organisasi, bertanggung jawab terhadap organisasi, hasrat yang kuat untuk bekerja keras pada organisasi, percaya terhadap nilai-nilai dan tujuan organisasi) dan variabel tanggung jawab kerja adalah valid dan reliabel. Uji regresi parsial ( ) diketahui bahwa variabel komitmen organisasi yaitu loyal terhadap organisasi, hasrat yang kuat untuk bekerja keras pada organisasi, dan percaya terhadap nilai-nilai dan tujuan organisasi mempunyai pengaruh terhadap tanggung jawab kerja. Sementara uji F diperoleh pengaruh antara variabel komitmen organisasi yaitu loyal terhadap organisasi, hasrat yang kuat untuk bekerja keras pada organisasi, dan percaya terhadap nilai-nilai dan tujuan organisasi, secara bersama-sama terhadap tanggung jawab kerja. Dari analisa data diinterpretasikan bahwa percaya terhadap nilai-nilai dan tujuan organisasi mempunyai pengaruh paling dominan terhadap tanggung jawab kerja karyawan. hal ini dibuktikan dari hasil uji t dimana t hitung variabel percaya terhadap nilai-nilai dan tujuan organisasi lebih besar dari pada hasil uji t hitung variabel loyal terhadap organisasi dan hasrat yang kuat untuk bekerja keras pada organisasi.

Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar perusahaan meningkatkan komitmen organisasi dalam rangka meningkatkan tanggung jawab kerja. Untuk meningkatkan komitmen organisasi, harus menumbuhkan sikap loyal terhadap organisasi, hasrat yang kuat untuk bekerja keras pada organisasi serta percaya terhadap nilai-nilai dan tujuan organisasi.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis