Penulis Utama : Fatimah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Pengaruh pemberian ZPT dan pupuk daun terhadap pertumbuhan stum bibit karet (hevea brasilliensis muell. Arg) klon BPM 1
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Pertanian UNS - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Pertanian NIM.H1102006-2005
Subyek : PUPUK DAUN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Program peremajaan dan pengembangan perkebunan karet di Indonesia dari waktu ke waktu makin meningkat. Sejalan dengan itu jumlah bahan tanam yang dibutuhkan juga makin banyak. Besarnya biaya dan kemudahan pelaksanaan merupakan pertimbangan para pekebun dalam menentukan stum mata tidur sebagai bahan tanam.

Zat pengatur tumbuh yang sering digunakan untuk membantu pertumbuhan akar tanaman antara lain: asam indolasetat (IAA), asam naftalenasetat (NAA) dan asam indolbutirat (IBA). Pemakaian IBA lebih baik dan lebih efektif dari pada IAA maupun NAA karena IBA lebih unggul dalam merangsang aktivitas perakaran.

Pupuk daun termasuk pupuk majemuk anorganik yang cara pemberiannya ke tanaman langsung melalui penyemprotan pada daun. Pupuk daun dapat memberikan unsur hara sesuai kebutuhan tanaman. Kandungan unsur hara yang terdapat dalam pupuk daun yang digunakan adalah ; N 14 %, P 12 %, K 14 %, Mg 1 %, Mn, B, Cu, Co, dan Zn, dimana semua unsur hara tersebut memiliki peran yang sangat penting pada fase pertumbuhan dan perkembangan tanaman.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh interaksi antara konsentrasi ZPT dan konsentrasi pupuk daun terhadap pertumbuhan stum bibit karet di dalam polybag dan untuk mengetahui konsentrasi ZPT dan konsentrasi pupuk daun yang menghasilkan respon paling baik terhadap pertumbuhan stum bibit karet di dalam polybag.

Penelitian ini dilaksanakan di Mojogedang Kab. Karanganyar pada bulan Oktober 2003 sampai Februari 2004, menggunakan Rancangan Acak Lengkap dengan dua faktor perlakuan yaitu : faktor pertama Konsentrasi ZPT dengan taraf 2500 ppm, 3750 ppm, 5000 ppm dan faktor kedua : Konsentrasi Pupuk Daun dengan taraf 1 g/l, 2 g/l, 3 g/l. Masing-masing perlakuan diulang 3 kali, dan setiap ulangan menggunakan 5 tanaman sampel.

Hasil Penelitian menunjukkan bahwa perlakuan ZPT dengan konsentrasi 3750 ppm mempercepat pertumbuhan tunas hingga 80 %. Perlakuan ZPT dan pupuk daun pada uji Duncan berbeda nyata terhadap variabel jumlah akar, panjang akar, dan volume akar. Berdasarkan analisis ragam perlakuan ZPT, pupuk daun maupun interaksi keduanya memberikan pengaruh yang sangat nyata terhadap variabel jumlah daun trifoliat, luas daun total, berat segar daun, dan berat kering daun tetapi tidak berbeda nyata pada variabel panjang tunas.

Pada perlakuan ZPT dengan konsentrasi 3750 ppm dan pupuk daun dengan konsentrasi 3 g/l memberikan respon yang paling baik terhadap pertumbuhan stum bibit karet di dalam polybag.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Ir. Trijono, MP
2. Ir. Retna BAP, MSi
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian