Penulis Utama : Mutiara Anggun Puspitasari
NIM / NIP : K7115113
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan langkah penerapan pendekatan saintifik dengan multimedia untuk meningkatkan pembelajaran IPS tema Panas dan Perpindahannya, (2) meningkatkan pembelajaran IPS tema Panas dan Perpindahannya, serta (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan pendekatan saintifik dengan multimedia untuk meningkatkan pembelajaran IPS tema Panas dan Perpindahannya.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian yang pertama adalah siswa kelas V yang berjumlah 36 siswa dan subjek penelitian yang kedua adalah guru kelas V SD Negeri 1 Kutosari. Data yang digunakan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Teknik Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) pendekatan saintifik dengan multimedia untuk meningkatkan pembelajaran IPS tema Panas dan Perpindahannya di Kelas V SD Negeri 1 Kutosari tahun ajaran 2018/2019 dilaksanakan dengan langkah-langkah: (a) mengamati multimedia, (b) menanya berdasarkan multimedia, (c) mengumpulkan informasi dari multimedia, (d) menalar/mengolah informasi, (e) mengomunikasikan; (2) penerapan pendekatan saintifik dengan multimedia dapat meningkatkan pembelajaran IPS tema Panas dan Perpindahannya yang dibuktikan dengan peningkatan persentase rata-rata hasil belajar siswa yang tuntas dari 87,03% pada siklus I menjadi 92,53% pada siklus II; (3) kendala yang terjadi yaitu: (a) siswa kesulitan membuat kesimpulan, (b) guru kurang memberikan teguran, (c) guru kurang memotivasi siswa, (d) tanggapan siswa kurang sesuai, (e) terbatasnya waktu pembelajaran, (f) tata kalimat siswa kurang tepat; adapun solusinya yaitu: (a) membimbing siswa membuat kesimpulan, (b) guru memberikan teguran, (c) guru memotivasis siswa, (d) menjelaskan cara memberi tanggapan, (e) pengaturan waktu yang efektif, (f) membimbing siswa menyusun kalimat tanggapan.
Simpulan penenlitian ini adalah penerapan pendekatan saintifik dengan multimedia dapat meningkatkan pembelajaran IPS tema Panas dan Perpindahannya di kelas V SD Negeri 1 Kutosari tahun ajaran 2018/2019.
Kata Kunci: Pendekatan Saintifik, Multimedia, Tema Panas dan Perpindahannya

 

×
Penulis Utama : Mutiara Anggun Puspitasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7115113
Tahun : 2019
Judul : Penerapan Pendekatan Saintifik Dengan Multimedia Untuk Meningkatkan Pembelajaran IPS Tema Panas Dan Perpindahannya Di Kelas V Sd Negeri 1 Kutosari Tahun Ajaran 2018/2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP-Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar-K7115113-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. M. Chamdani, M.Pd
2. Drs. Wahyudi, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.