Penulis Utama : Herudini Subariyanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Pengaruh kepuasaan gaji, kepuasan kerja, dan komitmen organisasional terhadap turnover intention (Studi pada karyawan bagian produksi PT. Kusumahadi Santosa Karanganyar)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0200056-2005
Subyek : UPAH (GAJI)
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini ditujukan untuk menguji pengaruh langsung dan tidak langsung kepuasan gaji, kepuasan kerja, dan komitmen organisasi terhadap turnover intentions pada karyawan bagian produksi PT. Kusumahadi Santosa Karanganyar. Sehubungan dengan permasalahan tersebut maka diajukan rumusan masalah sebagai berikut: (1) apakah Kepuasan gaji berpengaruh langsung positif terhadap kepuasan kerja; (2) apakah Kepuasan gaji berpengaruh langsung negatif terhadap turnover intention; (2a) apakah Kepuasan gaji berpengaruh tidak langsung terhadap turnover intention, dimediasi oleh kepuasan kerja dan komitmen organisasional; (3) apakah Kepuasan gaji berpengaruh tidak langsung terhadap komitmen organisasional, dimediasi oleh kepuasan kerja; (4) apakah Kepuasan kerja berpengaruh langsung positif terhadap komitmen organisasional; (4a) apakah Kepuasan kerja berpengaruh tidak langsung terhadap turnover intention dimediasi oleh komitmen organisasional; (5) apakah Komitmen organisasional berpengaruh langsung negatif terhadap turnover intention. Sejalan dengan masalah dan hipotesis tersebut maka penelitian ini dilaksanakan dengan metode survei terhadap karyawan bagian produksi PT. Kusumahadi Santosa sebagai populasinya untuk kemudian diambil sampel sebanyak 107 orang dengan teknik sampling yang digunakaan adalah Simple Random sampling.

Sejalan dengan permasalahan tersebut dan untuk memudahkan pemecahannya, maka penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode SEM (Structural Equation Model) dengan program AMOS 4.01.

Hasil analisis menunjukkan bahwa besarnya angka kriteria SEM adalah CMIN/DF (0,289), GFI (0,997), AGFI (0,986), TLI (1,227), CFI (1,000), RMSEA (0,000) dan assesment of normality kurang dari sama dengan 2,62 pada signifikansi 0,01 (2-tailed). Dari bukti-bukti tersebut dapat dinyatakan bahwa model analisis diterima dan semua hipotesis didukung. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kepuasan gaji berpengaruh terhadap turnover intention dimediasi oleh kepuasan kerja dan komitmen organisasional, begitu pula dengan kepuasan kerja dan komitmen organisasi baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap turnover intention.

Berdasarkan kesimpulan tersebut maka saran yang diajukan adalah perusahaan harus berupaya untuk terus menciptakan kepuasan gaji karyawan diantaranya yaitu mempertahankan dan atau meningkatkan gaji. Untuk meningkatkan kepuasan kerja diantaranya dengan menambah kompensasi (fasilitas-fasilitas kerja). Untuk meningkatkan komitmen organisasi salah satunya dengan mengadakan pelatihan untuk seluruh karyawan secara langsung yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi karyawan dalam bekerja. Apabila hal itu sudah dipenuhi maka akan mengurangi dampak turnover intention.

Kata kunci: kepuasan gaji, kepuasan kerja , komitmen organisasional, turnover intention.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Yeni Fajariyanti, SE, MSi
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis