Penulis Utama : Syafalikha Dwizahra
NIM / NIP : G0016212
×

Latar Belakang: Psoriasis merupakan penyakit inflamasi kulit yang berhubungan dengan sistem imun dan bersifat kronis, residif, dan merupakan penyakit keturunan yang berhubungan dengan respon peradangan dan patogenesisnya dipengaruhi faktor lingkungan dan genetik. Diperkirakan 2%  atau sekitar 2 juta orang dengan psoriasis di Indonesia. Psoriasis vulgaris adalah bentuk psoriasis yang paling umum, dan ditemukan pada sekitar 90% kasus dengan gambaran klinis berupa plak eritematosa monomorfik yang berbatas tegas dan ditutupi sisik keperakan. Indeks massa tubuh yang tinggi sering dikaitkan dengan kejadian psoriasis dan penambahan derajat keparahan psoriasis. Maka penting untuk mencari hubungan keduanya. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti hubungan antara indeks massa tubuh dengan derajat keparahan Psoriasis vulgaris.

Metode: Penelitian ini merupakan studi observasional analitik dengan pendekatan cross-sectional. Sampel penelitian ini adalah pasien Psoriasis vulgaris di Poliklinik Kulit dan Kelamin RS UNS yang diambil secara consecutive sampling. Penelitian ini melibatkan 32 pasien yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Pengukuran indeks massa tubuh menggunakan stature meter dan timbangan berat badan dan derajat keparahan diukur dengan Psoriasis Area and Severity Index (PASI). Data yang didapat diuji menggunakan perhitungan uji Chi-square dengan Confident Interval (CI) 95% atau ? sama dengan 0,05.

Hasil: Persentase kategori IMT overweight/obesitas dengan derajat keparahan berat berjumlah 13 responden (76,5%). Melalui uji Chi-square, diperoleh hasil p?0,05 (p= 0,573) antara hubungan antara indeks massa tubuh dengan derajat keparahan Psoriasis vulgaris di RS UNS Surakarta.

Kesimpulan: Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara indeks massa tubuh dengan derajat keparahan Psoriasis vulgaris di RS UNS Surakarta

×
Penulis Utama : Syafalikha Dwizahra
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0016212
Tahun : 2019
Judul : Hubungan antara Indeks Massa Tubuh dengan Derajat Keparahan Psoriasis Vulgaris di RS UNS Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Kedokteran -G0016212-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Nurrachmat Mulianto, dr., M.Sc., Sp.KK
2. Triasari O, dr., MSc, Sp.KK
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.