Penulis Utama : Ahmad Rifai Subagio
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Analisis bauran promosi pada perusahaan roti Latansa di Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F3201504-2005
Subyek : IKLAN
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Dengan adanya persaingan tajam antara perusahaan yang memproduksi barang yang sejenis/sama. Suatu perusahaan dituntut membuat suatu produk yang berkualitas bagus dengan harga yang mudah dijangkau seluruh lapisan masyarakat dengan tujuan untuk merebut konsumen. Salah satu usaha yang dilakukan perusahaan roti Latansa untuk mencapai tujuannya dengan menyusun strategi bauran promosi (promotional mix). Promosi penting dilakukan untuk melihat bagaimana perusahaan memasarkan diri mereka sendiri dan produk yang ditawarkan kepada konsumen.

Bauran promosi memegang peranan penting demi kelangsungan hidup perusahaan, promosi juga merupakan faktor penting dalam memenangkan persaingan bisnis. Keberhasilan suatu kegiatan promosi yang dilakukan perusahaan sangat dipengaruhi oleh variabel bauran promosi yang digunakan. Pemilihan bauran promosi yang tepat, efisien, dan efektif merupakan kunci pokok kegiatan promosi suatu perusahaan.

Promosi digunakan untuk mengkomunikasikan produk perusahaan kepada konsumen yang hendak dicapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan bauran promosi (periklanan, personal selling, promosi penjualan, publisitas) yang dilakukan oleh perusahaan roti Latansa, mengetahui besarnya anggaran biaya promosi pertahun, dan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara bauran promosi yang digunakan dengan nilai penjualan yang diperoleh perusahaan roti Latansa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode diskriptif, studi pustaka dilakukan dengan membaca literatur yang berhubungan dengan judul penelitian, serta melakukan pengumpulan data dan melakukan wawancara secara langsung dengan pihak internal perusahaan.

Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif digunakan untuk menggambarkan kegiatan promosi yang dilakukan perusahaan dan teknik analisis kuantitatif dengan menggunakan hubungan korelasi metode Pearson Product moment. Apakah ada hubungan antara biaya promosi dan nilai penjualan pada perusahaan roti Latansa.

Bauran promosi yang dilakukan oleh perusahaan roti Latansa adalah promosi penjualan dan periklanan, sedangkan media periklanan yang dipakai adalah majalah, kalender, spanduk, dan sponsor. Promosi penjualan dilakukan dengan memberikan potongan harga kepada konsumen yang melakukan pembelian dalam jumlah besar dan kupon berhadiah. Dari hasil perhitungan dengan menggunakan analisis korelasi didapatkan koefisien korelasi sebesar ( r ) = + 0,7080 maka terdapat suatu hubungan yang positif antara kegiatan promosi yang dilakukan dengan nilai penjualan yang diperoleh, apabila semakin tinggi biaya promosi yang digunakan maka semakin tinggi pula nilai penjualan yang diperoleh.

Karena terdapat suatu hubungan yang kuat antara biaya promosi dengan nilai hasil penjualan seharusnya perusahaan roti Latansa membuat kegiatan promosi yang menarik serta menambah kegiatan promosinya, dan memaksimalkan pemasangan spanduk tidak hanya didalam kota solo saja tetapi juga dikota sekitar solo. Selain itu perusahaan juga bisa menggunakan tenaga penjualan personal atau personall selling yang digunakan untuk melakukan penjualan keliling didalam kota dan diluar kota dengan menggunakan kendaraan bermotor (sepeda motor dan mobil box).

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis