Penulis Utama : Rama Setyawardhana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Analisis pengaruh persepsi konsumen pada iklan SMS Banking Mandiri terhadap sikap konsumen (studi pada Bank Mandiri cabang Jakarta Thamrin)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0200088-2004
Subyek : IKLAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah persepsi yang timbul dari pribadi konsumen terhadap suatu iklan, yaitu iklan cetak SMS Banking Mandiri, baik persepsi pada paparan maupun isi iklan berpengaruh pada pembentukan sikap konsumen terhadap merek dan iklan itu sendiri. Sehubungan dengan tujuan tersebut hipotesis yang diajukan adalah untuk mengetahui apakah variabel persepsi konsumen pada paparan iklan dan isi iklan mempunyai pengaruh yang signifikan pada sikap konsumen terhadap merek maupun iklan, baik secara individu maupun bersama-sama, dan masing-masing sikap dipengaruhi secara dominan oleh persepsi yang berbeda.

Populasi dari penelitian ini adalah seluruh nasabah Bank Mandiri Cabang Jakarta Thamrin yang berjumlah 2.436 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling, dan penentuan besarnya sampel adalah dengan menggunakan convenience sampling yaitu sebesar 100 orang. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Pengambilan data primer adalah dengan metode kuesioner. Analisis penelitian ini dengan menggunakan pengujian instrumen (uji validitas dan reliabilitas) dan analisis kuantitatif (Regresi Linier Berganda, Uji R2, Uji Statistik-t, Uji F).

Hasil analisis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa tidak semua variabel persepsi terhadap iklan berpengaruh secara individu pada sikap konsumen terhadap merek, tetapi semua variabel persepsi berpengaruh secara individu pada sikap konsumen terhadap iklan. Sebesar 50,9% pembentukan sikap konsumen terhadap merek dipengaruhi oleh variabel persepsi terhadap iklan dan variabel yang sama mempengaruhi sikap konsumen terhadap iklan sebesar 51,8%. Persepsi konsumen terhadap isi iklan merupakan variabel yang mendominasi pengaruh pada semua sikap konsumen, baik terhadap merek maupun iklan.

Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah bahwa semua variabel persepsi terhadap iklan (paparan dan isi) secara signifikan bersama-sama mempengaruhi sikap konsumen terhadap merek dan iklan. Variabel tersebut juga menjelaskan pengaruhnya yang cukup besar terhadap pembentukan sikap (lebih dari 50%). Tetapi tidak setiap variabel dapat secara parsial mempengaruhi sikap konsumen terhadap merek, hanya kepada sikap konsumen terhadap iklan setiap variabel persepsi dapat berpengaruh secara parsial. Bedasar kesimpulan tersebut maka saran yang dapat dikemukakan pada penelitian bagi pihak bank agar dapat meningkatkan pengetahuan konsumen mengenai SMS Banking Mandiri melalui media selain iklan pasif, misalnya dapat dengan kegiatan promosi yang secara aktif melibatkan konsumen. Berdasar hasil survei konsumen menginginkan visualisasi iklan yang lebih menarik, untuk itu kedepannya agar pembuatan iklan dapat lebih kreatif dalam pemilihan gambar dan warnanya. Untuk penelitian selanjutnya disarankan untuk meneliti pengaruh iklan tidak hanya melalui satu media tetapi mungkin bisa melalui seluruh media yang dibuat oleh pihak perusahaan.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Imam Mahdi
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis