Penulis Utama : Atika Xena
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8415011
Tahun : 2019
Judul : Internalisasi Pendidikan Karakter di Pondok Pesantren ( Studi Kasus Pondok Pesantren Darul A’mal Kota Metro Lampung )
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-Jur. Pend. Sosiologi Antropologi-K8415011-2019
Subyek : INTERNALISASI, PENDIDIKAN KARAKTER, PONDOK PESANTREN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK
Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan yang menekankan nilai agama kepada peserta didiknya. Pengawasan terhadap pelaksana dan hasil dari pengajaran atas pendidikan karakter di pondok pesatren cukup ketat diawasi oleh Ustad/Ustazah, dengan pengawasan yang cukup ketat masih saja ada santri yang menunjukkan perilaku yang berujung pada permasalahan sikap yang tidak sesuai dengan apa yang telah diajarkan. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengkaji bagaimana internalisasi pendidikan karakter yang terdapat di Pondok Pesantren Darul A’mal Kota Metro.

Penelitian ini dilakukan di Pondok Pesantren Darul A’mal Kota Metro, Provinsi Lampung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus kemudian dianalisis dengan menggunakan teori konstruk sisosial dari Peter L Beger dan Thomas Luckmann. Sumber data dalam penelitian ini didapat dari hasil wawancara dengan informan serta dari jurnal/ penelitain terdahulu. Teknik pengambilan informan pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, dengan informan Bapak Wachid Asy’ari, M.Pd, Ustad K.H Zaenal Abidin, Yuli Malik, Riza Fitriani, Lukman, dan Ichnaf. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji validitas dalam penelitian ini menggunakan triangulasi metode dan triangulasi sumber. Analisis data dalam penelitian ini yaitu dengan reduksi data, kemudian penyajian data dan terkahir pengambilan kesimpulan.

Pendidikankarakter di pondok diberikan selama santri berada di lingkungan pondok atau selama24 jam dan dengan pengawasan dari Ustad/Ustazah, namun masih saja ada santri yang sikapnya menunjukkan pada permasalahan karakter, sepertihalnya yang ditemui peneliti pada saat prasurvei, melihat ada satu santri yang dihukum pihak pondok. Berupa hukuman diikat ditiang bendera dikarenakan mencuri barang di dalam pondok., Shalat Dhuha tidak serius, santri keluar dari pondok dengan cara melompat pagar tembok pondok. Berdasarkan hasil penelitian yang kemudian dianalisis dengan menggunakan teori konstruksi social dari Peter L Beger dan Thomas Luckmann, maka dapat ditarik kesimpulan dari penelitian ini yaitu: yaitu, pendidikan di lakukan dengan menggunakan metode keteladanan dan pembiasaan, ada tiga tahapan dalam proses kosntruksi social individu yaitu ekternalisasi, objektivasi, dan internalisasi. Tahap pertama ektrenalisasi, pemberian informasi tentang nilai-nilai karakter melalui kajian dan takror, dimana pada tahapan ini yang menjadi sasaran utama dalam proses pendidikannya bukan hanya sebatas pengetahuan, tetapi mengarah pada sikap dan perilaku santri. Sikap dan perilaku yang dimaksud yaitu santri meneladani sikap dan perilaku Abah, Ustad/Ustazah dan kakak pendamping. Abah, Ustad/ Ustazah sebagai orang tua di pondok dan kakak pendamping orang yang selalu berinteraksi lansung dengan santri. Tahapan kedua objektivasi, pada tahapan ini santri sudah melakukan apa yang dilihat dan diajarakan secara teori di kelas dalam keseharian santri di pondok pesantren, dan menjadi kebiasaan bagisantri itus endiri. Tahap ketiga internalisasi, padatahapan ini santri sudah tidak sadar lagi jika santri telah melakukan nilai-nilai karakter yang telah diajarakan, nilai-nilai karakter tersebut dibawa santri saat santri diluar pondok pesantren.

Kata Kunci: Internalisasi, Pendidikan Karakter, Pondok Pesantren

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
ATIKA XENA.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sigit Pranawa, M.Si
2. Siany Indria L., S.Ant.,M.Hum
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP