Penulis Utama : Anisa Pertiwi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4213012
Tahun : 2017
Judul : Analisis kejiwaan dan nilai pendidikan budi pekerti dalam novel Gogroke Reroncen Kembang Garing karya Tulus Setiyadi serta relevansinya sebagai bahan ajar apresiasi sastra jawa di SMA (kajian psikologi sastra)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2017
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Jur. Pendidikan Bahasa Jawa-K4213012
Subyek : NOVEL, ANALISIS KEJIWAAN, NILAI PENDIDIKAN BUDI PEKERTI, RELEVANSI
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan: (1) analisis kejiwaan tokoh utama novel Gogroke Reroncen Kembang Garing Karya Tulus Setiyadi; (2) nilai-nilai pendidikan budi pekerti novel Gogroke Reroncen Kembang Garing Karya Tulus Setiyadi; (3) relevansi novel Gogroke Reroncen Kembang Garing Karya Tulus Setiyadi sebagai bahan ajar apresiasi sastra Jawa di SMA.

Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dan jenis analisis dokumen. Sumber data yang ada pada penelitian ini berupa dokumen dan informan. Teknik pengambilan sample menggunakan Purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan analisis dukomen dan wawancara dengan narasumber. Uji validasi data menggunakan triangulasi teori dan triangulasi sumber. Teknik analisis data yang ada pada penelitian ini menggunakan teknik analisis model  interaktif  yang  meliputi  empat  komponen, yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Berdasarkan penelitian ini dapat diambil kesimpulan yaitu: (1) analisis kejiwaan tokoh utama novel Gogroke Reroncen Kembang Garing Karya Tulus Setiyadi meliputi: id, ego, dan superego; (2) nilai pendidikan budi pekerti novel Gogroke Reroncen Kembang Garing Karya Tulus Setiyadi; (3) novel Gogroke Reroncen Kembang Garing Karya Tulus Setiyadi relevan jika digunakan sebagai bahan ajar apresiasi sastra Jawa di SMA karena memenuhi kriteria penilaian buku nonteks yang sesuai dengan Permendikbud nomor 8 tahun 2016.

Kata Kunci: novel, analisis kejiwaan, nilai pendidikan budi pekerti, relevansi

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
COVER.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
PERNYATAAN.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Djoko Sulaksono, M.Pd.,
2. Drs. Slamet Mulyono, M.Pd.,
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP