Penulis Utama : Aria Ramandhika Kurniawan
NIM / NIP : I0113015
×

Perkerasan yang umum digunakan dalam pembanguna konstruksi jalan kabupaten adalah perkerasan lentur. Akan tetapi, karena adanya keterbatasan anggaran pada pembangunan jalan daerah maka jalan tersebut kurang mendapatkan perhatian dari instansi terkait. Melihat hal tersebut, dapat digunakan solusi berupa teknik analisis untuk menghitung biaya konstruksi jalan selama umur layan yang disebut Life Cycle Cost Analysis (LCCA).

Langkah pertama yang dilakukan pada penelitian ini adalah merencanakan tebal perkerasan menggunakan metode Analisis Komponen, selanjutnya menghitung biaya konstruksi perkerasan, dan  terakhir membandingkan 2 alternatif dengan menggunakan program Life Cycle Cost Analysis (LCCA) yaitu RealCost 2.5. Pada program RealCost 2.5, direncanakan 2 alternatif desain konstruksi dengan umur rencana 20 tahun, umur rencana 10 tahun dengan dua kali tahap konstuksi untuk alternatif pertama, dan umur rencana 20 tahun dengan satu kali tahap konstruksi untuk alternatif yang kedua.

Dari analisis yang sudah dilakukan didapatkan biaya untuk konstruksi alternatif pertama adalah $ 1.421.930 (agency cost) dan $ 734.290 (user cost) sedangkan biaya konstruksi alternatif kedua adalah $ 1.061.680 (agency cost) dan $ 449.830 (user cost) Dari kedua alternatif terlihat bahwa alternatif kedua memiliki nilai Agency Cost dan User Cost lebih ekonomis dibandingkan dengan alternatif pertama dengan selisih biaya $ 360.250 (agency cost) dan $ 284.460 (user cost).

Kata Kunci : biaya, Life Cycle Cost Analysis, perkerasan lentur, RealCost 2.5, umur rencana

×
Penulis Utama : Aria Ramandhika Kurniawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0113015
Tahun : 2017
Judul : Analisis biaya pada konstruksi perkerasan lentur dengan menggunakan program RealCost 2.5 (studi kasus jalan Kabupaten Sragen)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2017
Program Studi : S-1 Teknik Sipil
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Teknik Jur. Teknik Sipil-I0113015-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Florentina Pungky P, ST, MT
2. Dr. Ir. Arif Budiarto, MT.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.