Penulis Utama : Maryani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Pengaruh anggaran partisipatif terhadap kinerja manajerial dan keputusan kerja locus of control dan dimensi kultum sebagai variabel moderating
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0344080-2004
Subyek : ANGGARAN BELANJA PERUSAHAAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan interaktif partisipasi anggaran terhadap kinerja manajerial dan kepuasan kerja dengan variabel moderating locus of control dan dimensi kultural. Penelitian sebelumnya dilakukan oleh Indriantoro menggunakan subyek manajer manufaktur Indonesia di Jakarta menunjukkan bahwa interaksi partisipasi anggaran dan locus of control tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap kinerja manajerial dan kepuasan kerja. Sedangkan interaksi partisipasi anggaran dan variabel dimensi kultural (power distance, uncertainly avoidance dan individualism/collectivism) tidak  mempunyai pengaruh signifikan terhadap kinerja manajerial, tetapi interaksi partisipasi anggaran dan power distance mempengaruhi kepuasan kerja. Penelitian ini mereplikasi penelitian tersebut pada manajer hotel di eks Karesidenan Surakarta dengan lasan bahwa: (1) permintaan terhadap produk dan jasa hotel tidak dapat diprediksi karena pengaruh eksternal bersifat langsung; (2) produk dan jasa hotel bersifat perishable; (3) siklus produksi, pengangkutan dan konsumsi produk dan jasa hotel pendek sehingga terdapat interdepensi yang tingai antar departemen.

            Hipotesis penelitian ini ada 3 hal yaitu: (1) partisipasi anggaran mempunyai pengaruh signifikan  terhadap kinerja manajerial dan kepuasan kerja; (2) interaksi antara partisipasi anggaran dan locus of control mempunyai pengaruh signifikan terhadap kinerja manajerial dan kepuasan kerja, dan (3) interaksi partisipasi anggaran dan dimensi kultural (terdiri dari 3 variabel yaitu uncertaintly avoidance, power distance dan individualism/collectivism) mempunyai pengaruh signifikan terhadap kinerja manajerial dan kepuasan kerja.

            Data diseleksi dengan metode purposive sampling. Unit penelitian untuk analisis adalah respon dari 33 manajer hotel di eks- Karesidenan Surakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan metode survey dan untuk menguji hipotesis digunakan multiple regression. Komposisi responden adalah manajer akuntansi (18,18%), manajer marketing (18,18%), manajer food and beverage (12,12%), manajer produksi (6,06%), manajer HRD (9,09%), dan manajer lainnya (36,36%).

            Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa partisipasi anggaran mempunyai pengaruh signifikan  terhadap kinerja manajerial dan kepuasan kerja, pengaruh terhadap kinerja manajerial positif sedangkan pengaruh terhadap kepuasan kerja negatif. Interaksi partisipasi anggaran dan locus of control tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap kinerja manajerial, tetapi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja. Interaksi partisipasi anggaran dan uncertainly avoidance tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap kinerja manajerial tetapi mempunyai pengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja. Sedangkan interaksi partisipasi anggaran dan 2 variabel dimensi kultural lainnya yaitu power distance dan individualism/collectivism mempunyai pengaruh signifikan terhadap kinerja manajerial, tetapi tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis