Penulis Utama : Sigit Dwi Nugroho
NIM / NIP : K6415052
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Strategi Penguatan Pendidikan Politik dalam Mengembangkan Civic Responsibility Mahasiswa oleh HMI Cabang Surakarta. 2)
Hambatan  Penguatan  Pendidikan  Politik  dalam Mengembangkan  Civic  Responsibility
Mahasiswa oleh HMI Cabang Surakarta.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, Jenis Pendekatan penelitian yang dipilih adalah deskriptif analisis. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengujian validitas data menggunakan triangulasi, review  informan,  dan  member  check.  Analisis  data  menggunakan  model  interaktif meliputi: data reduksi, data sajian, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan Hasil Penelitian dapat disimpulkan 1) Penguatan pendidikan politik
dilakukan melalui pola pengaderan secara formal dan informal. Pola pengaderan formal dengan training formal yaitu Latihan Kader I dengan target memberikan kesadaran fungsi dan peran bagi kader HMI bahwa kader HMI merupakan kader umat dan kader bangsa. Latihan Kader II dengan target kader HMI mampu memetakan peradaban dan memformulasikan gagasan dalam lingkup organisasi. Latihan Kader III dengan target kader HMI sebagai pemimpin dengan kemampuan konsepsional secara profesional dalam gerak perubahan sosial. Pengaderan Informal melalui kegiatan followup, upgrading, aktivitas, pendampingan, promosi dan pembentukan budaya positif dan melukakan evaluasi terhadap proses perkaderan. 2) Hambatan yang dialami oleh HMI dalam penguatan pendidikan politik bisa diklasifikasikan menjadi 2 (dua) yaitu hambatan internal dan hambatan eksternal. Hambatan internal meliputi a) Belum maksimalnya pengaderan di seluruh komisariat karena belum aktifnya seluruh komisariat di lingkup HMI Cabang Surakarta b) belum maksimalnya internalisasi nilai-nilai ke HMI an kepada seluruh kader. Hambatan eksternal meliputi a) sistem peraturan yang membatasi ruang gerak HMI, b), apatisme mahasiswa

 

Kata Kunci : Pendidikan Politik, Civic Responsibility, Himpunan Mahasiswa Islam

 

×
Penulis Utama : Sigit Dwi Nugroho
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K6415052
Tahun : 2019
Judul : Penguatan pendidikan politik dalam mengembangkan civic responsibility mahasiswa (studi pada himpunan mahasiswa Islam cabang Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Prog Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan-K6415052-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Moh. Muchtarom, S.Ag, M.S.I.
2. Dr. Winarno, S.Pd., M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.