Penulis Utama : Fajar Agus Setyawan
NIM / NIP : D1115013
×

Smart city merupakan sebuah konsep pengembangan kota guna mengatasi masalah yang ada di kota hingga mempermudah akses masyarakat dalam memenuhi segala kebutuhannya. Di Kota Surakarta sendiri kini memiliki target dalam mewujudkan smart city pada tahun 2018.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis proses perencanaan smart city khususnya smart mobility dalam menangani permasalahan kemacetan yang ada di Kota Surakarta.

Dalam penelitian ini menggunakan penulisan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan wawancara mendalam mengkaji dokumen dan observasi. Pemilihan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sedangkan uji validitas data yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah triangulasi metode. Dan untuk teknik analisis data menggunakan teknik analisis data interaktif.

Dalam penelitian  ini terlihat  bahwa telah berjalannya beberapa konsep teknik informasi yang diterapkan di Kota Surakarta guna mendukung smart mobility seperti adanya pengelolaan trafik berbasis TI, pengelolaan informasi perjalanan berbasis TI, dan sajian informasi terkait layanan publik hal tersebut sesuai proses perencanaan yang menurut teori Pontoh dan Kustiawan (2009) walau masih terdapat beberapa aspek smart mobility yang belum terlaksana seperti layanan transportasi umum berbasis TI dan solusi transportasi umum berbasis TI. Namun pemerintah Kota Surakarta hingga saat ini masih terus melakukan perbaikan hingga mengembangkan konsep yang telah berjalan untuk dapat lebih baik lagi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Kata kunci : Proses Perencanaan, Smart Mobility, Kota Surakarta

×
Penulis Utama : Fajar Agus Setyawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1115013
Tahun : 2018
Judul : Proses perencanaan smart mobility dalam menanggulangi kemacetan di Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2018
Program Studi : S-1 Administrasi Negara Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Jur. Ilmu Administrasi Negara-D1115013-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Rino Ardhian Nugroho, S.Sos., M.Ti., Ph.D
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.