Penulis Utama : Mukhamad Saifudin
NIM / NIP : K2313046
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, (1) ada atau tidak adanya perbedaan pengaruh antara penggunaan model Learning Cycle 7E melalui metode eksperimen dan demonstrasi terhadap kemampuan kognitif siswa pada materi Usaha dan Energi, (2) ada atau tidak adanya perbedaan pengaruh antara kemampuan kerjasama siswa kategori tinggi dan rendah terhadap kemampuan kognitif siswa pada materi Usaha dan Energi, (3) ada atau tidak adanya interaksi antara pengaruh penerapan model Learning Cycle 7E dan kemampuan kerjasama siswa terhadap kemampuan kognitif siswa pada materi Usaha dan Energi.

Penelitian ini menggunakan metode eksperimen quasi dengan desain faktorial 2x2. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Colomadu Tahun Ajaran  2016/2017. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling dan sampel yang terpilih yakni kelas X IPA 2 berjumlah 35 siswa sebagai kelas kontrol dan kelas X IPA 3 berjumlah 35 siswa sebagai kelas eksperimen.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kajian dokumen, teknik tes, dan teknik observasi. Kajian dokumen berupa nilai Ulangan Akhir Semester Ganjil.Teknik tes digunakan untuk memperoleh data kemampuan kognitif  Fisika siswa setelah pembelajaran Fisika materi Usaha dan Energi.Teknik observasi digunakan untuk memperoleh data kemampuan kerjasama siswa. Data dianalisis menggunakan anava dua jalan dengan isi sel tak sama.

Simpulan dari penelitian ini adalah: (1) ada perbedaan pengaruh antara penggunaan  model Learning Cycle 7E melalui metode eksperimen dan demonstrasi terhadap kemampuan kognitif siswa pada materi Usaha dan Energi (Fobs = 4,103 > Ftabel = F0.05;1;66 = 3,99), (2) ada perbedaan pengaruh antara kemampuan kerjasama siswa kategori tinggi dan rendah terhadap kemampuan kognitif siswa pada materi Usaha dan Energi (Fobs  = 18,249 > Ftabel  = F0.05;1;66  = 3,99), (3) tidak ada interaksi antara pengaruh penggunaan model Learning Cycle 7E melalui metode pembelajaran dan kemampuan kerjasama siswa terhadap kemampuan kognitif siswa pada materi Usaha dan Energi (Fobs = 0,285 > Ftabel = F0.05;1;66 = 3,99).

Kata kunci :  MODEL LEARNING CYCLE 7E, metode eksperimen, metode demonstrasi, kemampuan kognitif, kemampuan kerjasama siswa.

×
Penulis Utama : Mukhamad Saifudin
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2313046
Tahun : 2017
Judul : Pengaruh model learning Cycle 7E melalui metode eksperimen dan demontrasi terhadap kemampuan kognitif siswa pada materi usaha dan energi ditinjau dari kemampuan kerjasama siswa Kelas X SMAN 1 Colomadu
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Fisika
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Fisika-K2313046-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. H. Widha Sunarno, M.Pd,
2. Ahmad Fauzi, M.Pd.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.