Penulis Utama : Solatun Nur Lestari
NIM / NIP : K2312068
×

Penelitian bertujuan untuk : (1) mengetahui ada atau tidak adanya perbedaan pengaruh antara penerapan model Pembelajaran SSCS melalui metode ekperimen dan metode demonstrasi terhadap kemampuan kognitif Fisika siswa; (2) mengetahui ada atau tidak adanya perbedaan pengaruh antara motivasi belajar siswa kategori tinggi dan rendah terhadap kemampuan kognitif Fisika siswa; dan (3) mengetahui ada atau tidak adanya interaksi antara pengaruh penerapan model Pembelajaran SSCS melalui metode pembelajaran dan motivasi belajar terhadap kemampuan kognitif Fisika siswa.

Penelitian menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X MIPA SMA Negeri 2 Karanganyar. Sampel dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Sampel yang terpilih yaitu kelas X MIPA 4 terdiri dari 35 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 3 terdiri dari 34 siswa sebagai  kelas  kontrol.  Data dikumpulkan  menggunakan  angket untuk memperoleh data motivasi belajar siswa dan teknik tes untuk kemampuan kognitif Fisika siswa. Analisis data dilakukan menggunakan ANAVA dua jalan dengan sel tak sama pada taraf signifikasi 0,05.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) tidak ada perbedaan pengaruh antara penerapan model Pembelajaran SSCS melalui metode ekperimen dan metode demonstrasi terhadap kemampuan kognitif Fisika siswa (Fobs  = 2,56 < F0 xss=removed> F0,05;1;65 = 3,99); dan (3) tidak ada interaksi antara pengaruh penerapan model Pembelajaran SSCS melalui metode pembelajaran dan motivasi belajar terhadap kemampuan kognitif Fisika siswa (Fobs = 0,21 > F0,05;1;65 = 3,99).

Kata kunci: motivasi belajar siswa, model SSCS, metode eksperimen, metode demonstrasi

×
Penulis Utama : Solatun Nur Lestari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2312068
Tahun : 2017
Judul : Pengaruh penerapan model pembelajaran SSCS melalui metode eksperimen dan metode demonstrasi terhadap kemampuan kognitif fisika ditinjau dari motiv belajar siswa kelas X MIPA di SMAN 2 Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Fisika
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP Jur. Pendidikan Fisika-K2312068-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Jamzuri, M.Pd.,
2. Drs. Surantoro, M. Si.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.