Penulis Utama : Ahmad Febrianto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Faktor marketing Mix yang mempengaruhi konsumen dalam melakukan keputusan pembelian (survai di restoran istana makanan)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F3201521-2005
Subyek : PERILAKU KONSUMEN
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian Tugas Akhir ini untuk mengetahui karakteristik konsumen (usia, jenis kelamin, pendidikan, pekerjaan, dan pendapatan) yang melakukan pembelian di Restoran Istana Makanan dan variable marketing mix (produk, harga, promosi, pelayanan, lokasi) yang mempengaruhi konsumen dalam melakukan keputusan pembelian di Restoran Istana Makanan Surakarta. Latar belakang penelitian ini didasarkan bahwa setiap konsumen memiliki keinginan dan selera yang berbeda-beda, sebagian konsumen menginginkan restoran yang menyediakan menu yang beragam pelayanan yang cepat namun dengan harga yang terjangkau ataupun lokasi yang strategis. Dengan adanya perbedaan selera konsumen pada setiap individu maka restoran dituntut untuk meningkatkan strategi pemasarnya.

Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, dan daftar pertanyaan (kuesioner), disaat melakukan penelitian di Restoran Istana Makanan , mulai tanggal 27 September s/d 9 Oktober 2004. pengambilan sample menggunakan accidental sampling, dimana jumlah koresponden yang diambil sebanyak 100 responden. Untuk penganalisisan data peneliti menggunakan metode analisis deskritif dengan menggunakan tabel distribusi dan untuk mempermudah penelitian peneliti menggunakan grafik peta balok. Dari hasil data mengenai karakteristik responden yang melakukan pembelian dapat diketahui bahwa sebagian besar pembeli adalah usia 26-35 tahun sebanyak (46 %), berjenis kelamin laki-laki sebanyak (64 %), pendididkan terakhir sarjana sebanyak (37 %), sebagian besar konsumen pekerjaannya sebagai pegawai swasta sebanyak (37 %), dengan tingkat pendapataan kurang dari Rp. 1.500.000 sebanyak (32 %). Dari hasil tanggapan konsumen terhadap produk Restoran Istana Makanan bahwa konsumen sangat setuju terhadap kualitas dan kelengkapan menu makanan sebanyak 25 orang, tanggapan konsumen yang berkaitan dengan harga, konsumen yang menyatakan sangat setuju terhadap mahalnya harga dan pemberian harga yang lebih murah sebanyak 24 orang, tanggapan konsumen terhadap promosi, konsumen menyatakan sangat setuju terhadap pemberian potongan harga dan pemberian peket hemat pada menu makan sebanyak 28 orang, tanggapan konsumen terhadap pelayanan, konsumen menyatakan sangat tidak setuju terhadap pelayanan pemberian informasi menu makanan dan pelayanan terhadap kecepatan penyajian hidangan sebanyak 24 orang, tanggapan konsumen terhadap lokasi, konsumen menyatakan sangat setuju lokasi yang ditempati oleh Restoran Istana Makanan sangat strategis dan mudah dijangkau dengan trasportasi umum maupun pribadi sebanyak 27 orang.

Marketing mix yang mempengaruhi konsumen dalam melakukan keputusan pembelian di Restoran Istana Makanan adalah faktor lokasi karena memiliki nilai diatas rata-rata variabel lainnya yaitu sebesar (3,18), maka dari hal itu dapat di ketahui bahwa faktor lokasi sangat mempengaruhi konsumen dalam melakukan keputusan pembelian di Restoran Istana Makanan dengan pertimbangan lokasi yang ditempati restoran sangat strategis karena terletak didalam kota dan mudah dijangkau dengan transpostasi umum maupun pribadi.

Dari kesimpulan diatas maka penulis memberikan saran kepada Restoran Istana Makanan untuk meningkatkan kualitas makanannya, meningkatkan pelayanannya terhadap pemberian informasi menu makanan pada konsumen dan pelayanan terhadap kecepatan penyajian hidangan makanan ke konsumen, Berdasarkan harga untuk mempertimbangkan kembali terhadap harga yang ditawarkan ke konsumen, meningkatan promosi melalui pemberian potongan harga.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis