Penulis Utama : Tri Winarsih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Studi tentang kesadaran wajib pajak pajak penghasilan orang pribadi yang menggunakan norma penghitungan penghasilan neto dalam melaksanakan kewajiban perpajakannya (studi kasus di Kelurahan Jebres Kecamatan Jebres Kota Surakarta tahun 2003)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP UNS - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP UNS NIM.K7400140-2005
Subyek : PAJAK PENGHASILAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui kesadaran Wajib Pajak PPh Orang Pribadi yang menggunakan norma penghitungan penghasilan neto dalam melaksanakan kewajiban perpajakannya dan (2) untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kesadaran Wajib Pajak PPh Orang Pribadi yang menggunakan norma penghitungan penghasilan neto dalam melaksanakan kewajiban perpajakannya di Kelurahan Jebres Kecamatan Jebres Kota Surakarta tahun 2003.

Sesuai dengan tujuan penelitian, maka penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling (sampling bertujuan), dimana sampel yang diambil tidak ditekankan pada jumlah, melainkan lebih ditekankan pada kekayaan informasi yang dimiliki anggota sampel sebagai sumber data. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data model interaktif.

Berdasarkan hasil analisis diperoleh hasil penelitian : (1) Kesadaran Wajib Pajak Penghasilan Orang Pribadi yang menggunakan norma penghitungan penghasilan neto dalam melaksanakan kewajiban perpajakannya, jika dilihat dari :

(a) Kewajiban mendaftarkan diri, kesadarannya masih rendah walaupun sudah terdapat peningkatan

(b) Kewajiban membayar, kesadarannya mengalami peningkatan

(c) Kewajiban melapor kesadaran Wajib Pajaknya mengalami peningkatan

(d) Kewajiban melaksanakan pembukuan kewajiban tersebut sudah dilakukan dengan baik

(e) Kewajiban memberikan keterangan dalam pemeriksaan kesadarannya sudah cukup baik;

(2) Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi kesadaran Wajib Pajak PPh OP yang menggunakan norma penghitungan penghasilan neto ada dua yaitu faktor endogen dan faktor eksogen.

(a) Faktor endogen terdiri dari pendidikan dan penghasilan. Wajib Pajak yang berpendidikan SLTA ke atas, pengetahuan dan pemahaman terhadap perpajakan relatif lebih baik dibandingkan Wajib Pajak yang berpendidikan dibawahnya dan semakin tinggi penghasilan, maka akan semakin besar jumlah pajak yang harus dibayarkan.

(b) Faktor eksogen terdiri dari pengetahuan tentang pajak, peraturan perpajakan, arah penggunan dana pajak, sistem pajak dan sikap petugas pajak. Keadaannya belum sepenuhnya mendukung tingginya kesadaran Wajib Pajak. Sebagian besar WP merasakan pentingnya mengetahui dan memahami peraturan perpajakan, namun hanya sedikit Wajib Pajak yang memahami peraturan perpajakan, arah penggunaan dana pajak dan sistem perpajakan. Sikap petugas pajak sudah baik, dalam arti pelayanan yang diberikan sudah relative baik.

Dari hasil analisis di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa :

(1) Kesadaran Wajib Pajak PPh OP yang menggunakan norma penghitungan penghasilan neto dalam melaksanakan kewajiban perpajakannya di kelurahan Jebres, masih rendah walaupun sudah mengalami peningkatan dari tahun yang lalu.

(2) Faktor-faktor yang mempengaruhi kesadaran Wajib Pajak PPh OP yang menggunakan norma penghitungan penghasilan neto tersebut ada dua, yaitu faktor endogen dan faktor eksogen. Faktor-faktor ini belum sepenuhnya mendukung tinggi`nya kesadaran Wajib Pajak PPh OP tersebut.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Ngadiman, M.Si
2. Drs. Wahyu Adi, M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP