Penulis Utama : Oky Rio Pamungkas
NIM / NIP : S911708018
×

Persamaan Proca adalah salah satu dasar untuk persamaan gelombang relativistik dari partikel boson pada masif vektor atau partikel dengan spin 1. Persamaan Proca digunakan untuk menjelaskan partikel yang relatif kecil yang bergerak mendekati kecepatan cahaya. Efek dari massa imajiner foton pada sistem kuantum yang digabungkan dengan potensial non sentral yang terdiri dari Potensial Manning-Rosen termodifikasi bagian radial, polar, dan azimut telah diinvestigasi. Potensial vektor dikopling dengan energi relativistik foton dan kuadrat potensial skalar juga dikopling dengan kuadrat massa foton. Pada kasus ruang bebas (free space) dan sistem spin simetri yaitu potensial vektor sama dengan potensial skalar yang independen dengan Persamaan Proca yang direduksi menjadi fungsi variabel tiga dimensi seperti Persamaan Schrodinger. Dengan menggunakan metode pemisahan variabel, turunan tiga variabel mirip Persamaan Schrodinger telah diturunkan menjadi bentuk radial, polar, dan azimut. Masing-masing bagian koordinat mirip dengan Persamaan Schrodinger telah diselesaikan dengan menggunakan metode hipergeometrik sehingga diperoleh solusi fungsi gelombang untuk masif foton. Persamaan energi relativistik  dari masif foton merupakan fungsi dari massa imajiner foton, parameter dari potensial dan bilangan kuantum untuk bagian radial, polar, dan azimut. Dengan menggunakan pendekatan medan Maxwell, diperoleh faktor koreksi dari persamaan energi dari partikel dengan spin 1. Faktor koreksi dari energi foton merupakan fungsi dari frekuensi masif foton. Faktor koreksi dari energy foton digunakan untuk menjelaskan energi foton pada kondisi dasar.

Kata Kunci : Persamaan Proca, masif foton, massa imajiner, persamaan diferensial hipergeometrik, Potensial Manning-Rosen.

×
Penulis Utama : Oky Rio Pamungkas
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S911708018
Tahun : 2020
Judul : Analisis Solusi untuk Persamaan Proca dengan Potensial Manning-Rosen Termodifikasi dengan Pendekatan Centrifugal Term dan Direct Coupling
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2020
Program Studi : S-2 Ilmu Fisika
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prodi. Magister Ilmu Fisika-S911708018-2020
Kata Kunci : Persamaan Proca, masif foton, massa imajiner, persamaan diferensial hipergeometrik, Potensial Manning-Rosen.
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Drs. Cari, M.A., Ph.D
2. Prof. Dra. Suparmi, M.A., Ph.D
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.