Penulis Utama : Hermanu Adi Bachtiar Siwi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Penentuan setting optimal campuran lapis aspal beton dengan penambahan limbah ban karet untuk karakteristik marshall
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik UNS - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Teknik NIM.I0399003-2005
Subyek : BETON, ASPAL
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Konstruksi jalan di Indonesia sebagian besar menggunakan jenis perkerasan lentur, yaitu lapis aspal beton (laston). Jenis perkerasan lentur menggunakan aspal sebagai bahan pengikat agregat penyusunnya. Karena sifat sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui, maka penggunaan aspal haruslah seefisien dan setepat mungkin. Dengan adanya teknologi aspal karet dan banyaknya limbah ban bekas, ada sebuah peluang untuk memanfaatkan limbah ban bekas, terutama dalam bentuk serpihan, sebagai campuran laston, sehingga menghemat penggunaan aspal.

Pada penelitian ini, campuran laston diharapkan dapat memenuhi lima karakteristik Marshall, yang terdiri dari stabilitas (stability), kelelehan (flow), rongga dalam campuran (VITM / Void In the Total Mix), rongga terisi aspal (VFWA / Void Filled With Asphalt) dan kepadatan (density), berdasarkan standar kualitas yang dikeluarkan Departemen Pekerjaan Umum.

Eksperimen screening dilakukan untuk menentukan faktor-faktor utama yang paling berpengaruh terhadap karakteristik kualitas. Desain eksperimen yang digunakan adalah orthogonal array Taguchi L8(27). Dari eksperimen screening didapatkan ada tiga faktor utama yang mempengaruhi karakteristik Marshall, yaitu prosentase berat aspal dalam campuran, prosentase berat serpihan ban karet dalam campuran dan gradasi ukuran agregat.

Optimasi multi respon yang dilakukan dengan pendekatan desirability function dan desain eksperimen central composite mendapatkan setting level optimal dari ketiga faktor paling berpengaruh, yaitu prosentase berat aspal dalam campuran sebesar 6.5%, prosentase berat serpihan ban karet dalam campuran sebesar 0.5% dan gradasi ukuran agregat adalah Nomor II (agregat CA 17.7%, agregat MA 37.2%, agregat FA 20.0%, agregat NS 18.1%).

Kata kunci: aspal karet, laston, karakteristik Marshall, desirability function, kualitas, optimasi.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Ir. Lobes Herdiman, MT
2. Eko Pujiyanto, Ssi, MT
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik