Penulis Utama : Yassinta Nur Yasmin Lukita
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0215013
Tahun : 2019
Judul : Pengaruh Intensitas Penggunaan Youtube, Komunikasi Orang Tua dengan Anak Terhadap Prestasi Akademik Anak (Studi Kuantitatif Tentang Pengaruh Intensitas Penggunaan Youtube, Komunikasi Orang Tua dengan Anak Terhadap Prestasi Akademik Siswa Sd Al-Irsyad Surakarta Kelas Iii – V Tahun Ajaran 2019/2020)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Ilmu Komunikasi-D0215013-2019
Subyek : KUANTITATIF, YOUTUBE, KOMUNIKASI ORANG TUA, PRESTASI AKADEMIK.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK
Penelitian ini membahas tentang pengaruh intesitas penggunaan YouTube dan komunikasi orang tua dan anak terhadap prestasi akademik anak. Hal ini dilatar belakangi oleh banyaknya studi yang menyatakan bahwa kualitas prestasi akademik anak dapat dipengaruhi oleh intensitas penggunaan YouTube. Tentunya hal ini juga berkenaan pula dengan kualitas pendampingan orang tua.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh intesitas penggunaan YouTube terhadap prestasi akademik anak, (2) untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh komunikasi orang tua dan anak terhadap prestasi akademik anak, (3) untuk mengetahui ada atau tidaknya  pengaruh intesitas penggunaan YouTube dan komunikasi orang tua terhadap prestasi akademik anak. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Uses and Effect yang menjelaskan bahwa kebutuhan penggunaan media massa adalah salah satu aspek yang menimbulkan adanya pengaruh atau efek dari penggunaan media dan Teori Belajar Behaviorisme B.F.Skinner, yang menyatakan bahwa pembelajaran berpusat pada tingkah laku dan konsekuensi atau pengaruhnya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi SD Al-Irsyad Surakarta tahun ajaran 2019/2020. Sampling penelitian ini adalah siswa-siswi SD Al-Irsyad Surakarta yang mengakses YouTube dan menjalani komunikasi orang tua secara reguler sebanyak 127 siswa. Sistem pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah Stratified Random Sampling, dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang didistribusikan langsung kepada responden. Analisis data menggunakan uji Regresi Linier Berganda dengan program SPSS 23.
Dari penelitian ini diperoleh hasil 1) terdapat pengaruh antara intensitas penggunaan YouTube terhadap prestasi akademik anak (Sig.t = 0,042; p > 0,05). 2) terdapat pengaruh antara komunikasi orang tua terhadap prestasi akademik anak (Sig.t = 0,000; p > 0,05). 3) terdapat pengaruh antara intensitas penggunaan YouTube dan komunikasi orang tua secara bersama-sama terhadap prestasi akademik anak (Fhitung 59,198 > Ftabel 3,076). Kontribusi penggunaan YouTube dan komunikasi orang tua  terhadap nilai anak sebesar 50,9%, sedangkan 49,1% lainnya dapat dipengaruhi oleh faktor lain.

Kata kunci: Kuantitatif, YouTube, Komunikasi Orang Tua, Prestasi Akademik.

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman depan.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
pernyataan.jpg
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Drs. Pawito, Ph.D.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP