Penulis Utama : Kurniawan Adi Wijayanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2003
Judul : Perkembangan bank rakyat (syomin Ginko) tahun 1942-1946 ( kajian sejarah “Bank Rakyat Indonesia” masa pendudukan Jepang sampai awal kemerdekaan )
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Sastra UNS - 2003
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Sastra NIM.C0598035-2003
Subyek : BANK DAN PERBANKAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini dimaksudkan untuk lebih mengerti dan memahami peranan dan kinerja Bank Rakyat Indonesia (BRI) sebagai suatu bank perkreditan yang pada masa penjajahan Jepang bernama Syomin Ginko dalam perekonomian dan perbankan nasional. Peredaran mata uang asing yang tak terkontrol pasca pendudukan Jepang dan awal Kemerdekaan mengakibatkan goncangnya perekonomian nasional. Perkembangan BRI (Syomin Ginko) sampai pengambilalihan, pemunculan dan peredaran mata uang pada awal Kemerdekaan serta peranan BRI sehubungan dengan pemberlakuan Oeang Republik Indonesia (ORI) merupakan tujuan dari penelitian ini.

Sumber data dalam penelitian Perkembangan Bank Rakyat (Syomin Ginko) Tahun 1942–1946 ialah dokumen atau arsip yang berhubungan, disamping juga data yang diambil dari terbitan atau surat kabar sejaman. Untuk melengkapi data-data yang sudah ada dipakai buku-buku yang berisi persoalan yang berkaitan.

Dalam penelitian ini, digunakan teknik analisa kualitatif dengan menerapkan metode eksplanasi sejarah dalam kaitannya dengan bentuk diskriptif analitif. Metode ini digunakan untuk mendiskripsikan segala permasalahan yang diteliti, kemudian dianalisis untuk memecahkan atau menjelaskan permasalahan. Di samping itu, dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan historis dan ekonomi. Pendekatan historis bertujuan mengkaji perkembangan tersebut secara kronologis, sedangkan pendekatan ekonomi untuk mengkaji keadaan perekonomian saat pemunculan ORI.

Pemberian pinjaman dan kredit kepada golongan ekonomi lemah dengan cara-cara maupun sistemnya sebagaimana yang biasa dilakukan AVB dan pendahulunya Bank Priyayi, diteruskan oleh Syomin Ginko. Syomin Ginko pada masa pendudukan Jepang juga ditugasi menangani perkreditan untuk pengumpulan dan penggilingan padi serta menerima tabungan rakyat. Dalam pertumbuhan ekonomi nasional, Syomin Ginko juga ikut andil dengan memberikan bantuan kredit kepada pengusaha golongan menengah nasional yang mulai bermunculan menggantikan pengusaha Belanda yang mulai lenyap. Peran serta ini juga diteruskan saat pengambilalihan Syomin Ginko menjadi BRI.

Keadaan perekonomian yang tidak stabil karena inflasi yang disebabkan pemunculan dan peredaran mata uang asing pasca pendudukan Jepang dan awal Kemerdekaan, selain mempengaruhi kehidupan rakyat juga berdampak pada perbankan nasional. Untuk mengatasi masalah tersebut Pemerintah Republik Indonesia mengeluarkan ORI sebagai mata uang resmi. Sehubung dengan pemberlakuan ORI, BRI sebagai bank pemerintah pertama bersama bank-bank lain yang ditunjuk oleh Pemerintah, ikut dalam penarikan mata uang Jepang. BRI juga berperan besar dalam perjuangan kemerdekaan dan perekonomian nasional.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Sudarno, MA.,
2. Drs. Soedarmono, SU
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Sastra dan Seni Rupa