Penulis Utama : Aris Cahyono
NIM / NIP : S851708007
×

Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah sebagai berikut: mengetahui proses dan hasil pengembangan modul matematika berilustrasi komik disertai teknik mnemonik  pada materi eksponen dan logaritma kelas X SMK yang valid, praktis, dan efisien.
Penelitian ini sebagai Penelitian dan Pengembangan (Research and Develpoment) dengan tahapan pendahuluan, pengembangan, pengujian, dan desiminasi. Tahap pendahuluan terdiri atas penelitian awal, analisisi kebutuhan, dan studi pustaka. Tahap pengembangan terdiri atas penyusunan draf, validasi, dan uji coba. Validasi modul matematika berilustrasi komik dilakukan oleh ahli materi, ahli media dan responden. Uji coba digunakan untuk mengetahui kepraktisan modul. Uji coba instrumen untuk mengetahui validitas dan reliabilitas, daya beda dan tingkat kesukaran butir soal. Tahap pengujian produk menggunakan metode eksperimen untuk mengetahui apakah kelas yang menggunakan modul matematika berilustrasi komik disertai teknik mnemonik prestasinya lebih baik dari kelas yang tidak menggunakan modul tersebut. Tahap desiminasi dengan melakukan publikasi ilmiah di jurnal ilmiah melalui international conference dan juga melakukan penyebaran modul di sekolah melalui perpustakaan.
Hasil penelitian dan pengembangan disimpulkan bahwa : 1) pengembangan modul matematika berilustrasi komik disertai teknik mnemonik  pada materi eksponen dan logaritma kelas X SMK layak digunakan dalam pembelajaran karena memenuhi kriteria valid dan praktis. Kriteria valid terpenuhi berdasarkan penilaian para validator yang memberi penilaian modul dalam kategori sangat valid. Kriteria praktis terpenuhi berdasarkan respon yang diberikan siswa dan guru melalui angket respon siswa dan angket respon guru, dengan hasil analisis kepraktisan modul dalam kategori sangat praktis; 2) pembelajaran dengan modul matematika berilustrasi komik disertai teknik mnemonik pada materi eksponen dan logaritma kelas X SMK  lebih baik daripada pembelajaran yang tidak menggunakan modul matematika berilustrasi komik disertai teknik mnemonik dilihat dari prestasi belajar.


Kata kunci : komik, teknik mnemonik, prestasi belajar

×
Penulis Utama : Aris Cahyono
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S851708007
Tahun : 2019
Judul : Pengembangan Modul Matematika Berilustrasi Komik Disertai Teknik Mnemonik pada Materi Eksponen dan Logaritma Kelas X SMK
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Pascasarjana - 2019
Program Studi : S-2 Pendidikan Matematika
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Prog Studi Pendidikan Matematika-S851708007-2019
Kata Kunci : komik, teknik mnemonik, prestasi belajar
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Budi Usodo, M.Pd.
2. Drs. lsnandar Slamet, M.Sc. Ph.D.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.