Penulis Utama : Murliwan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2003
Judul : Perkembangan jiwa tokoh-tokoh dalam novel
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Sastra UNS - 2003
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Sastra NIM.C0295030-2003
Subyek : FIKSI ILMIAH
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitis terhadap Novel Mencoba Tidak Menyerah (selanjutnya disingkat MTM) karya Yudhistira ANM Massardi yang menggunakan pendekatan struktural dengan dilanjutkan pendekatan psikologi sastra. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan :

1. Deskripsi atau gambaran unsur-unsur struktur yang meliputi alur, penokohan, latar, tema dan amanat dalam Novel MTM yang terjalin.

2. Perkembangan jiwa tokoh-tokoh dalam novel MTM yang ditinjau dari teori psikologi Carl Gustav Jung.

3. Usaha tokoh-tokoh dalam novel MTM untuk menemukan jati diri.

Obyek dalam penelitian ini adalah aspek-aspek psikologis yang terdapat dalam novel MTM. Sumber data diperoleh dari novel MTM. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif.

Penelitian ini menggunakan pendekatan struktural sebagai langkah awal. Melalui penedekatan struktural terungkap unsur-unsur yang membangun novel MTM yang saling mendukung antara satu dengan lainnya. Unsur-unsur tersebut meliputi alur, penokohan, latar, tema dan amanat sehingga keterjalinan antar unsur-unsur itu membentuk makna totalitas.

Setelah analisis struktural kemudian dilanjutkan analisis psikologi sastra. Berdasarkan analisis psikologi sastra dapat disimpulkan :

  1. Perkembangan jiwa tokoh-tokoh dalam novel MTM tidak lepas dari pengaruh yang timbul dari diri sendiri maupun dari lingkungannya.
  2. Usaha tokoh-tokoh novel MTM menemukan jati dirinya berhasil ketika ada keseimbangan dan intergrasi antara kehidupan lahiriah maupun batiniah dalam dirinya.

Bertolak dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa penelitian yang berjudul Perkembangan Tokoh-Tokoh dalam novel ” Mencoba Tidak Menyerah” karya Yudistira ANM Massardi bertujuan untuk mengungkapkan struktur yang membangun cerita dan selanjutnya mengkaji aspek-aspek psikologi yang terdapat dalam novel tersebut.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Dra. Murtini, M.S
2. Drs. Wiranta, M.S.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Sastra dan Seni Rupa