Penulis Utama : Sendika Lestari
NIM / NIP : S841708016
×

Tujuan  penelitian  ini  mendeskripsikan 1) Kepribadian tokoh  utama menurut teori kepribadian Abraham Maslow dalam novel Tiba Sebelum Berangkat karya Faisal Oddang;   2) Kepribadian tokoh utama menurut teori kepribadian Abraham Maslow dalam novel Puya ke Puya karya Faisal Oddang; 3) Nilai pendidikan karakter pada novel Tiba Sebelum Berangkat karya Faisal Oddang; 4) Nilai pendidikan karakter pada novel Puya ke Puya karya Faisal Oddang; 5) Relevansi nilai pendidikan karakter pada novel Tiba Sebelum Berangkat karya Faisal Oddang dengan pembelajaran sastra di Perguruan Tinggi; 6) Relevansi nilai pendidikan karakter pada novel Puya ke Puya karya Faisal Oddang dengan pembelajaran sastra di Perguruan Tinggi.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan novel Tiba Sebelum Berangkat dan Puya ke Puya karya Faisal Oddang sebagai sumber data dan teks dalam kedua novel tersebut sebagai data. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik noninteraktif dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  content  analysis.  Teknik  tersebut  digunakan untuk mengidentifikasi aspek psikologis dan nilai pendidikan karakter tokoh utama dalam novel Tiba Sebelum Berangkat dan Puya ke Puya karya Faisal Oddang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat aspek psikologis dan nilai pendidikan karakter dalam kedua novel tersebut. Aspek psikologis berdasarkan teori humanistik Abraham Maslow dalam novel Tiba Sebelum Berangkat menggambarkan kepribadian tokoh utama hanya mencapai kebutuhan harga diri. Sedangkan aspek psikologis dalam novel Puya ke Puya menggambarkan kepribadian tokoh utama mencapai hierarki kebutuhan paling tinggi yakni kebutuhan aktualisasi diri. Nilai pendidikan kakarakter dalam novel Tiba Sebelum Berangkat ditemukan sebanyak enam nilai yaitu nilai pendidikan karakter religius, jujur, rasa ingin tahu, menghargai prestasi, cinta damai, dan tanggung jawab. Sedangkan untuk nilai pendidikan karakter dalam novel Puya ke Puya ditemukan sebanyak delapan nilai yaitu nilai pendidikan karakter jujur, toleransi, mandiri, rasa ingin tahu, bersahabat/komunikatif, peduli lingkungan, peduli  sosial,  dan  tanggung  jawab.  Berdasarkan  hasil  wawancara  yang  dilakukan dengan dosen dan mahasiswa, nilai-nilai pendidikan karakter tersebut relevan dengan pembelajaran sastra di Perguruan Tinggi. Oleh sebab itu, novel Tiba Sebelum Berangkat dan Puya ke Puya dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran sastra di Perguruan Tinggi.

Kata Kunci: kepribadian tokoh, karakter, relevansi

×
Penulis Utama : Sendika Lestari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S841708016
Tahun : 2019
Judul : Aspek Kepribadian Tokoh Utama dan Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel–novel Karya Faisal Oddang Serta Relevansinya dengan Pembelajaran Sastra di Perguruan Tinggi (Pendekatan Psikologi Sastra)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2019
Program Studi : S-2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia-S841708016-2019
Kata Kunci : kepribadian tokoh, karakter, relevansi
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Herman J Waluyo, M.Pd
2. Dr. Nugraheni E Wardani, M.Hum
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.