Penulis Utama : Aprilia
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Hubungan antara karakteristik produk dengan kepuasan konsumen beras organik pada PD. Pelopor Alam Lestari Sragen Jawa Tengah
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F1202009-2004
Subyek : PERILAKU KONSUMEN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Beras merupakan makanan pokok yang ada di Indonesia. Beras yang beredar dipasar saat ini adalah beras yang telah dipenuhi dengan pestisida karena dengan menggunakan pupuk kimia. Pupuk kimia dipastikan akan merusak kesuburan tanah dan lingkungan karena tanah menjadi keras pada musim kemarau dan pada musim hujan akan menjadi sangat liat atau lengket dengan porositas (pori-pori) tanah menurun. Pestisida akan mengganggu kelangsungan habitat hewan tanah. Pupuk organik memiliki sifat pengurai tanah sehingga memperbesar ketersediaan unsur hara (nutrient availability). Untuk memenuhi kebutuhan konsumen maka P.D. Pelopor Alam Lestari menawarkan suatu terobosan baru yaitu beras organik. Beras ini merupakan beras yang bebas pestisida.

Berkaitan dengan hal tersebut maka penelis mengambil judul “HUBUNGAN ANTARA KARAKTERISTIK PRODUK DENGAN KEPUASAN KONSUMEN BERAS ORGANIK PADA P.D. PELOPOR ALAM LESTARI SRAGEN JAWA TENGAH”. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui apakah ada hubungan antara karakteristik produk dengan kepuasan konsumen beras organik P.D Pelopor Alam Lestari Sragen. (2) Untuk mengetahui apakah karakteristik produk berdasarkan faktor mutu, kesehatan dan daya tahan secara bersama-sama mempunyai hubungan dengan tingkat kepuasan konsumen beras organik P.D Pelopor Alam Lestari Sragen. (3) Untuk mengetahui apakah karateristik produk berdasarkan faktor kesehatan mempunyai hubungan yang paling kuat dengan tingkat kepuasan konsumen beras organik P.D Pelopor Alam Lestari Sragen.

Peneliti mengajukan hipotesis (1) Diduga ada hubungan antara karakteristik produk dengan kepuasan konsumen beras organik P.D Pelopor Alam Lestari Sragen. (2) Diduga bahwa karakteristik produk berdasarkan faktor mutu, kesehatan dan daya tahan secara bersama-sama mempunyai hubungan dengan tingkat kepuasan konsumen beras organik P.D Pelopor Alam Lestari Sragen. (3) Diduga bahwa karateristik produk berdasarkan faktor kesehatan mempunyai hubungan yang paling kuat dengan tingkat kepuasan konsumen beras organik P.D Pelopor Alam Lestari Sragen.

Dalam melakukan penelitian, peneliti menggunakan metode penelitian survey. Populasi penelitian adalah seluruh konsumen beras organik P.D. Pelopor Alam Lestari Sragen. Sampel terdiri dari 50 orang diambil dengan menggunakan metode random sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner dengan 18 butir pertanyaan. Alat analisis yang digunakan adalah Analisis Deskriptif dan Analisis Inferensial.

Kesimpulan dari hasil penelitian dengan menggunakan analisis di atas adalah terdapat hubungan yang signifikan antara faktor mutu, kesehatan dan daya tahan dengan kepuasan konsumen. Berdasarkan kesimpulan diatas saran yang dapat diambil penulis ajukan adalah pihak P.D. Pelopor Alam Lestari untuk lebih memperhatikan keinginan konsumen dan berusaha untuk memenuhi permintaan konsumen.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Soepomo, MS
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis