Penulis Utama : M. Yusuf Ridho
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Pengaruh frekuensi pemberian pakan hijauan terhadap performan pada domba lokan jantan
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Pertanian UNS - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Pertanian NIM.H0599056-2004
Subyek : MAKANAN TERNAK
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh frekuensi pemberian pakan hijauan terhadap performan pada domba lokal jantan. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Babrik, Kecamatan Bekonang, Sukoharjo. penelitian ini menggunakan 21 ekor domba lokal jantan, yang dibagi menjadi tiga perlakuan dengan tujuh kelompok domba berdasar bobot badan. Perlakuan yang diujikan adalah: P0 ( Rumput raja diberikan sekali sehari + konsentrat sekali), P1 ( Rumput raja diberikan dua kali sehari + konsentrat sekali) dan P2 (Rumput raja diberikan empat kali sehari + konsentrat sekali).

Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK) dan hasil perlakuan yang berbeda nyata dilanjutkan dengan uji Duncan’s Multiple Range Test (DMRT). Parameter yang diamati adalah konsumsi pakan, konversi pakan, pertambahan bobot badan dan Income Over Feed Cost (IOFC).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa frekuensi pemberian pakan hijauan pada domba lokal jantan berbeda nyata terhadap konsumsi pakan, pertambahan bobot badan dan berbeda tidak nyata terhadap konversi pakan, pendapatan atas biaya pakan. Frekuensi pemberian pakan hijauan sebanyak 2x dan 4x meningkatkan konsumsi pakan 8.24 % dan 15.91 %, pertambahan bobot badan 10.34 % dan 56.91 %, pendapatan atas biaya pakan 10.71 % dan 92.36 % juga menurunkan konversi pakan 4.97 % dan 25.09 %.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah frekuensi pemberian pakan hijauan sebanyak empat kali dalam sehari dapat meningkatkan konsumsi pakan, pertambahan bobot badan dan pendapatan atas biaya pakan juga menurunkan konversi pakan.

Kata kunci : Domba lokal jantan, frekuensi pemberian pakan, konversi pakan, pendapatan atas biaya pakan.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Ir. Sudiyono, MS
2. Ir. YBP. Subagyo, MS
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian