Penulis Utama : Sri Rejeki Rahayu
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Analisis segmen pasar dan penetapan pasar sasaran pada Supermaket Luwes Gading Solo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F3200140-2005
Subyek : MANAJEMEN PEMASARAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Supermarket merupakan tempat belanja yang semakin lama diminati oleh konsumen. Dengan semakin banyaknya supermarket yang muncul di tengah masyarakat mengakibatkan timbulnya persaingan yang ketat. Selain itu, konsumen dalam sebuah pasar memiliki banyak perbedaan yang menyebabkan perusahaan mengalami kesulitan dalam melayaninya. Segmentasi pasar dan membidik pasar yang dituju adalah langkah yang tepat yang harus dilakukan pengusaha agar dapat memuaskan kebutuhan dan keinginan konsumen di tengah persaingan yang semakin ketat.

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui segmen pasar supermarket Luwes Gading dan untuk mengetahui strategi yang digunakan oleh manajemen supermarket Luwes Gading dalam memilih pasar yang dituju.

Penelitian ini merupakan penelitian survei. Teknik pengambilan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner, wawancara, observasi, dan studi pustaka. Metode pengambilan sampel yang digunakan yaitu "convenience sampling" (pengambilan sampel dipermudah), dalam teknik ini diambil individu atau kelompok konsumen yang mudah dijumpai peneliti di depan kasir supermarket yang diambil sebagai sampel. Sampel yang diambil adalah sebanyak 100 orang konsumen supermarket Luwes Gading.

Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif. Data-data mengenai karakteristik konsumen yang meliputi; variabel demografis, perilaku dan geografis ditampilkan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan diagram. Masing-masing variabel tersebut dicari jumlah/frekuensi terbesar dari keseluruhan sampel yang diambil yaitu untuk mengetahui segmen pasar. Setelah segmen pasar diketahui maka dievaluasi dan diseleksi untuk menetapkan pasar sasaran.

Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini yaitu; supermarket Luwes Gading mempunyai segmen wanita (86%), segmen usia antara 20-29 tahun (50%), segmen pekerjaan pegawai swasta (44%), segmen pendidikan tamat SLTA (58%), segmen penghasilan dibawah Rp 500.000 (70%), dan segmen siklus hidup keluarga tidak/ belum kawin (58%). Selain itu, segmen pasar segi ukuran keluarga : antara 3-4 orang (50%). Supermarket ini mempunyai segmen dengan status kesetiaan adalah setia (56%), segmen manfaat untuk mencari harga barang yang murah (48%) dan segmen geografis dengan tingkat pencapaian lokasi antara 5-8 km (48%). Supermarket Luwes Gading menggunakan strategi undifferentiated marketing untuk menyeleksi pasar sasarannya.

Berdasarkan kesimpulan diatas, saran yang dapat diajukan oleh peneliti kepada pihak manajemen supermarket Luwes Gading yaitu; supermarket ini dapat menggunakan strategi differentiated marketing untuk menyeleksi pasar sasarannya. Target pasar yang dapat dipilih adalah kelompok konsumen yang berpenghasilan dibawah Rp 500.000 atau kelompok menengah ke bawah dan kelompok konsumen yang jarak tempat tinggalnya dengan lokasi supermarket antara 5-8 km.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis