Penulis Utama : Oktin Catur Palupi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Analisis program penanggulan kemiskinan di Kabupaten Purworejo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0100007-2005
Subyek : KEMISKINAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan program penanggulangan kemiskinan, mengetahui persepsi daerah dan menentukan bobot prioritas dari faktor dan variabel pendukung serta dampak yang diharapkan dari pelaksanaan program penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Purworejo serta mengetahui angka ketimpangan pendapatan menurut kecamatan di Kabupaten Purworejo.

Pengumpulan data dari penelitian ini dilakukan dengan metode survei melalui penyebaran kuesioner untuk data primer dan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Purworejo untuk data sekunder. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analytic Hierarchy Process (AHP) dengan perangkat lunak Super Decisions (SD) dan perhitungan dengan Indeks Williamson. 

Hasil dari analisis dengan metode AHP menunjukkan bahwa pada level pertama, prioritas faktor pendukung utama yang perlu dipertimbangkan dalam pelaksanaan program penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Purworejo yaitu prioritas pertama adalah alokasi dana dengan bobot 37,4, prioritas kedua adalah peraturan daerah dengan bobot 22,8 persen, prioritas ketiga dalah program dengan bobot 20,8 persen, dan prioritas keempat adalah kelembagaan dengan bobot 19,1 persen. Untuk prioritas variabel pendukung pada level kedua menunjukkan bahwa prioritas pertama adalah pemantauan dan evalusi program dengan bobot 22,8 persen, prioritas kedua adalah pendampingan dengan bobot 17,1 persen, prioritas ketiga adalah koordinasi antar dinas dengan bobot 16,7 persen, prioritas keempat adalah kemampuan aparat dengan bobot 15,9 persen, prioritas kelima adalah pendataan dan identifikasi penduduk miskin dengan bobot 14,1 persen, dan prioritas keenam adalah kebebasan memilih aktivitas ekonomi dengan bobot 13,5 persen. Hasil analisis untuk level ketiga atau  dampak yang diharapkan dari pelaksanaan program adalah dampak meningkatkan pendapatan dengan bobot 28,3 persen, prioritas kedua adalah menurunkan jumlah penduduk miskin dengan bobot 26 persen, prioritas ketiga adalah meningkatkan kegiatan sosio ekonomi produktif dengan bobot 24,8 persen, dan prioritas keempat adalah meningkatkan kapasitas kelembagaan dengan bobot 16,4 persen. Sedangkan hasil perhitungan dengan Indeks Williamson menunjukkan bahwa angka ketimpangan pendapatan di Kabupaten Purworejo tahun 1999-2002 relatif rendah dengan angka indeks sebesar 0,29-0,31.

Agar pelaksanaan program penanggulangan kemiskinan dapat mencapai keberhasilan maka pemerintah daerah dan anggota stakeholders lain di Kabupaten Purworejo hendaknya memasukkan pertimbangan aspek pendukung dan aspek dampak yang diharapkan dari program tersebut sesuai dengan prioritas pendapat daerah, libatkan suara aspirasi dari bawah (bottom  up approach

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis