Penulis Utama : Age Rian Utomo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0413003
Tahun : 2019
Judul : Kebijakan Pemerintah Provinsi Yogyakarta Tentang UMKM Dalam Menghadapi Persaingan Masyarakat Ekonomi ASEAN
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Prog. Hubungan Internasional-D0413003-2019
Subyek : ANALISIS KEBIJAKAN, KEBIJAKAN PEMERINTAH PROVINSI, UMKM
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Judul skripsi Kebijakan Pemerintah Provinsi Yogyakarta Tentang UMKM Dalam Menghadapi Persaingan Masyarakat Ekonomi ASEAN, Program Studi Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

UMKM merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia. Sebanyak 99?dan Usaha yang ada di Indonesia termasuk ke dalam kategori UMKM. Saat ini, ASEAN mengeluarkan kebijakan terkait perdagangan bebas antar Negara yang disebut dengan Masyrakat Ekonomi ASEAN (MEA). Dengan adanya MEA, maka hal ini dapat menjadi kesempatan bagi Indonesia untuk memaksimalkan potensi UMKM dalam mendorong perekonomian  Negara.  Salah  satu  penyumbang  produksi  UMKM  di  pasar  Internasional adalah produk-produk UMKM dari Yogyakarta. Dengan adanya MEA, pemprov Yogyakarta dituntut untuk dapat mempersiapkan industry UMKM nya dalam menghadapi persaingan Internasional.

Berangkat dari kasus yang ada, penelitian ini digunakan untuk meneliti kebijakan Pemerintah  Provinsi  Yogyakarta  Tentang  UMKM  Dalam  Menghadapi  Persaiangan Masyarakat Ekonomi ASEAN. Penelitian ini menggunakan Teori Institusionalisme, Teori Ketergantungan  dengan  jenis  penelitian  deskriptif  kualitatif,  untuk  melihat  dan mengevaluasi kebijakan yang diterapkan oleh Pemprov DIY terkait UMKM di Yogyakarta khususnya dalam menghadapi MEA.

Hasil penelitian menunjukan bahwa kebijakan yang dikeluarkan oleh Pemprov DIY dalam mengembangkan sector UMKM di Yogyakarta dalam menghadapi MEA menunjukan hasil yang positif. Kebijakan yang dianalisis dalam penelitian ini adalah pemberian modal usaha, pembangunan  infrastruktur,  legalisasi  perizinan  UMKM,  dan  sosialisasi  ke masyarakat. Berdasarkan angka pertumbuhan ekonomi serta jumlah ekspor yang terus meningkat setiap tahunnya terutama dari sector produksi UMKM, dapat dilihat bahwa kebijakan yang diambil oleh pemprov DIY membuahkan hasil. Namun, dilihat dari sisi lain masih terdapat hal-hal yang perlu diperbaiki dan ditingkatkan lagi untuk memaksimalkan potensi dari UMKM terutama dari Yogyakarta.


Kata kunci: Analisis Kebijakan, Kebijakan Pemerintah Provinsi, UMKM

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
1. COVER.pdf
2. BAB I.pdf
3. BAB II.pdf
4. BAB III.pdf
5. BAB IV.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
PERNYATAAN.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ign. Agung Satyawan, SE, S.Sos, S.Ikom, M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP