Penulis Utama : Salman Al Afif
NIM / NIP : K6414051
×

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui: 1) Cara membentuk civic engagement pada masyarakat di sekitar Taman Sekartaji dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. 2) Kendala utama dalam pembentukan civic engagement pada masyarakat di sekitar Taman Sekartaji dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisis. Pengumpulan data menggunakan teknik analisis dokumen dan wawancara. Penelitian ini dilakukan di Taman Sekartaji, Jebres, Surakarta dan Dinas Lingkungan Hidup. Pengambilan sampel dengan purposive sampling sehingga mendapatkan 2 narasumber masyarakat, 1 petugas kebersihan Taman Sekartaji dan 1 anggota Dinas Lingkungan Hidup Divisi Pertamanan. Validitas data menggunakan triangulasi sumber data berupa hasil wawancara narasumber, dokumen daftar kegiatan internal dan external Taman Sekartaji tahun 2014 – 2018, dokumen ideal pekerja kegiatan pemeliharaan Taman Sekartaji serta triangulasi metode berupa wawancara dan analisis dokumen.

Hasil penelitian menyatakan bahwa 1) Cara membentuk civic engagement pada masyarakat di sekitar Taman Sekartaji sudah diterapkan, Pemerintah Kota Surakarta melalui Dinas Lingkungan Hidup dengan cara mengadakan program pemberhentian kantung plastik dan sampah langsung diangkut dari tiap kelurahan menggunakan mobil pengangkut sampah yang disediakan dari Dinas Lingkungan Hidup. 2) Kendala utama dalam pembentukan civic engagement pada masyarakat di sekitar Taman Sekartaji dalam perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup ialah sumber daya manusia, anggaran yang fleksibel dan edukasi wilayah.

 

×
Penulis Utama : Salman Al Afif
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K6414051
Tahun : 2020
Judul : Civic Engagement Melalui Masyarakat Dalam Upaya Perlindungan Dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (Studi Kasus pada masyarakat di sekitar Taman Sekartaji, Jebres, Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan PPKN-K6414051-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Triyanto, S.H., M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.