Penulis Utama : Cahyaning Oktaviani
NIM / NIP : S031708006
×

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kondisi pembelajaran menulis puisi yang saat ini diterapkan di kelas IV Sekolah Dasar Negeri di Kabupaten Wonogiri; (2) mendeskripsikan kebutuhan pendidik dan peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kabupaten Wonogiri tahun 2018/2019 dalam pembelajaran menulis puisi; (3) mendeskripsikan proses pengembangan model pembelajaran Mind Mapping berbasis Outdoor Learning dalam pembelajaran menulis puisi bagi peserta didik kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Kabupaten Wonogiri; dan (4) mendeskripsikan keefektifan penggunaan model pembelajaran Mind Mapping berbasis Outdoor Learning dalam pembelajaran menulis puisi bagi peserta didik kelas IV di Sekolah Dasar Negeri Kabupaten Wonogiri.
Penelitian ini mengembangkan produk panduan model pembelajaran Mind Mapping berbasis Outdoor Learning. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development (R&D). Data diperoleh melalui wawancara, observasi, data dokumen, dan tes. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan nonprobability sampling, dengan teknik purposive sampling. Data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan uji t non-independent pada tahap pengembangan dan uji t independent pada tahap pengujian.
Hasil penelitian ini adalah: (1) model pembelajaran yang diimplementasikan di sekolah dasar saat ini perlu dikembangkan karena dengan model pembelajaran yang selama ini dilakukan belum dapat mengoptimalkan kemampuan menulis puisi peserta didik; (2) analisis kebutuhan peserta didik dan guru akan adanya model pembelajaran di sekolah dasar yang dilakukan melalui observasi dan wawancara diketahui bahwa dalam pembelajaran menulis puisi diperlukan model pembelajaran inovatif yang dapat meningkatkan kreativitas dan imajinasi peserta didik dalam menulis puisi; (3) pengembangan model pembelajaran Mind Mapping berbasis Outdoor Learning dilakukan dengan melakukan observasi dan wawancara model pembelajaran yang dilakukan di sekolah dasar dalam pembelajaran menulis puisi, melakukan analisis kebutuhan peserta didik dan guru dalam pembelajaran menulis puisi, menyusun rancangan produk panduan model pembelajaran Mind Mapping berbasis Outdoor Learning, melakukan validasi oleh ahli, revisi, dan melakukan uji coba; dan (4) menguji keefektifan produk panduan model pembelajaran Mind Mapping berbasis Outdoor Learning terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis puisi pada peserta didik kelas IV.

Kata kunci    : model pembelajaran, menulis puisi, mind mapping, outdoor learning

×
Penulis Utama : Cahyaning Oktaviani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S031708006
Tahun : 2019
Judul : Pengembangan Model Pembelajaran Mind Mapping Berbasis Outdoor Learning dalam Pembelajaran Menulis Puisi Peserta Didik Kelas IV SDN Kabupaten Wonogiri Tahun 2018/2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2019
Program Studi : S-2 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-PASCASARJANA Prog. PGSD-S031708006-2019
Kata Kunci : model pembelajaran, menulis puisi, mind mapping, outdoor learning
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. St. Y. Slamet, M.Pd
2. Dr. Hartono, M.Hum
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.