Penulis Utama : Rinda Suci Amalia
NIM / NIP : K7116167
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman  melalui model pembelajaran SQ3R pada peserta didik kelas IV SD Negeri Pajang IV Surakarta tahun ajaran 2019/ 2020  Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas IV SD Negeri Pajang IV Surakarta tahun ajaran 2019/2020 dengan jumlah 26 peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Tahap dari setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. 
Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data kuantitatif dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kompararif dan data kualitatif dianalisis menggunakan teknik analisis kritis. Teknik uji validitas data  menggunakan   validitas isi dan triangulasi. 
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran SQ3R dapat mreningkatkan keterampilan membaca pemahaman. Dibuktikan dengan adanya kenaikan jumlah peserta didik yang terampil dalam membaca pemahaman dalam setiap siklus. Persentase ketuntasan klasikal pada pratindakan sejumlah 16,70% meningkat pada siklus 1 menjadi 53,84% dan meningkat kembali pada siklus 2 menjadi 88,46%. Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran SQ3R dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman peserta didik kelas IV SD Negeri Pajang IV Surakarta tahun ajaran 2019/2020. 

Kata Kunci:  Model Pembelajaran SQ3R, Keterampilan Membaca Pemahaman

 

×
Penulis Utama : Rinda Suci Amalia
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7116167
Tahun : 2020
Judul : Penerapan Model Pembelajaran SQ3R (Survey, Question, Read,Recite, And Review) untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas IV SDN Pajang IV Surakarta Tahun Ajaran 2019/2020)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi : 164 P.: ilus.; tab.; bib.; 28 cm.
Sumber : UNS- Fak. KIP, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar-K7116167-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Retno Winarni, M.Pd.
2. Drs. Muhammad Ismail Sriyanto, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.