Penulis Utama : Lilis Agestiyani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7116102
Tahun : 2020
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Auditory,Intellectually, And Repetition (Air) Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Keragaman Budaya Indonesia (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta didik Kelas IV SD Negeri 02 Jatipurwo Tahun Ajaran 2019/2020)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2020
Kolasi : 132 p. : ilus.; tab.; bib.; 28 cm.
Sumber : UNS-Fak-KIP, Program Studi Pendikan Guru Sekolah Dasar-K7116102-2020
Subyek : MODEL PEMBELAJARAN AIR ; PENELITIAN TINDAKAN KELAS
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep keragaman budaya Indonesia melalui penerapan model pembelajaran Auditory, Intellectually, and Repetition (AIR) pada peserta didik kelas IV SD Negeri 02 Jatipurwo tahun pelajaran 2019/2020.  
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama dua siklus. Pada setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Setiap pertemuan terdiri dari 4 kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV dan guru kelas IV SD Negeri 02 Jatipurwo tahun pelajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah melalui tes, wawancara, observasi dan dokumentasi.
Teknik uji validitas data menggunakan validitas isi, triangulasi teknik, dan triangulasi sumber data. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif komparatif dan analisis interaktif.  
Hasil penelitian telah menunjukkn bahwa rata-rata kelas pada kegiatan pratindakan adalah 60,95 dengan persentase ketidaktuntasan klasikal mencapai 85%, kemudian meningkat pada siklus I dengan rata-rata 72,3 dengan persentase ketuntasan  klasikal mencapai 45?n meningkat lagi pada siklus II dengan  rata- rata kelas 89 dan persentase ketuntasan klasikal mencapai 90%. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Auditory, Intellectually, and Repetition (AIR) dapat meningkatkan pemahaman konsep keragaman budaya masyarakat Indonesia pada peserta didik kelas IV SD Negeri 02 Jatipurwo tahun pelajaran 2019/2020.

Kata kunci: model pembelajaran, Auditory Intellectually and Repetition (AIR), pemahaman konsep, keragaman budaya Indonesia 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
COVER.pdf
Persetujuan Upload.jpg
BAB 1.pdf
BAB 2.pdf
BAB 3.pdf
BAB 4.pdf
BAB 5.pdf
JURNAL.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sukarno, M.Pd.
2. Dr. Chumdari., M.Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP