Penulis Utama : Arif Sulistyanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0114014
Tahun : 2019
Judul : Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi indeks pembangunan manusia di Pulau Jawa tahun 2010-2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi dan Bisnis - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi dan Bisnis Prog Studi Ekonomi Pembangunan-F1117018-2019
Subyek : INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA, PENGANGGURAN, KEMISKINAN, BELANJA MODAL, JAWA, DATA PANEL, RANDOM EFFECT.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-fakor yang mempengaruhi Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Pulau Jawa pada tahun 2010-2017. Penelitian ini menggunakan analisis regresi data panel dengan pendekatan Random Effect Model dengan Indeks Pembangunan Manusia sebagai variabel dependen, sedangkan pengangguran, kemiskinan dan belanja modal sebagai variabel independen. Sumber data dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa data tingkat pengangguran terbuka, jumlah penduduk miskin dan realisasi belanja modal.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel belanja modal berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Indeks Pembangunan Manusia di Pulau Jawa pada tahun 2010-2017. Sedangkan variabel pengangguran dan kemiskinan menunjukkan hasil berpengaruh negatif dan signifikan terhadap variabel Indeks Pembangunan Manusia di Pulau Jawa pada tahun 2010-201.
Diharapkan pemerintah masing-masing provinsi di Pulau jawa dapat menciptakan kebijakan yang lebih efektif dalam meningkatkan indeks pembangunan manusia di daerahnya yaitu menurunkan tingkat pengangguran terbuka dengan menciptakan jumlah lapangan kerja yang lebih banyak, agar jumlah penduduk miskin semakin berkurang dan bisa mendapatkan fasilitas pendidikan dan kesehatan yang baik. Lebih lanjut, pemerintah masing-masing provinsi di Pulau Jawa diharapkan mampu memanfaatkan segala sumber daya yang dimiliki agar memiliki pendapatan daerah yang maksimal dan dapat merealisasikan setiap anggaran belanja daerah dengan tepat dan efektif guna percepatan pembangunan daerahnya masing-masing.
Kata kunci: Indeks Pembangunan Manusia, Pengangguran, Kemiskinan, Belanja Modal, Jawa, Data Panel, Random Effect.
 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
LEMBAR PERNYATAAN.pdf
COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Vinc Hadi Wiyono, WS., M.A.
2. Linggar Ikhsan Nugroho, S.E., M.Ec. Dev.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis