Penulis Utama : Etika Nurhidayah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Faktor-faktor yang mempengaruhi waktu pengambilan keputusan membeli polis asuransi jiwa pada PT. Wanaartha Life di Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F1200023-2004
Subyek : PENGAMBILAN KEPUTUSAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Pertumbuhan dan perkembangan asuransi, membuat persaingan semakin ketat sehingga perusahaan-perusahaan berpacu untuk memperluas minat masyarakat agar mau membeli polis asuransi jiwa salah satu caranya adalah dengan mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi waktu pengambilan keputusan, membeli polis asuransi jiwa, yaitu semenjak produk ditawarkan kepada calon nasabah sampai dengan calon nasabah tersebut mengambil keputusan membeli asuransi jiwa. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi waktu pengambilan keputusan yang akan dikaji dalam hal ini adalah faktor umur, pendidikan, pendapatan dan pengetahuan.

Permasalahannya adalah apakah ada pengaruh antara umur, pendidikan, pendapatan, dan pengetahuan terhadap waktu pengambilan keputusan membeli polis dan faktor apakah yang paling dominan pengaruhnya? Tujuan dari penelitian ini : (1) untuk mengetahui pengaruh antara faktor umur, pendidikan, pendapatan, dan pengetahuan terhadap waktu pengambilan keputusan membeli polis; dan (2) untuk mengetahui faktor yang paling dominan pengaruhnya terhadap waktu pengambilan keputusan membeli polis. Adapun hipotesis yang dirumuskan dalam penelitian ini (1) ada pengaruh antara antara faktor umur, pendidikan, pendapatan, dan pengetahuan terhadap waktu pengambilan keputusan membeli polis, (2) Faktor pendapatan paling dominan pengaruhnya terhadap waktu pengambilan keputusan membeli polis asuransi.

Penelitian ini dilakukan di PT Wanaartha Life Jl. Prof. Dr. Suharso No. 35 Surakarta. Dengan sampel sebanyak 95 responden yang diambil dari anggota pemegang polis asuransi jiwa PT. Wanaartha Life secara convinience sampling. Dalam menganalisis data, penulis menggunakan alat analisis regresi linear berganda.

Dari hasil analisis ditemukan bahwa (1) tingkat pendidikan, pendapatan, dan pengetahuan mempunyai pengaruh positif, sedangkan faktor umur mempunyai pengaruh negatif terhadap waktu pengambilan keputusan membeli polis; (2) faktor paling dominan pengaruhnya adalah ternyata umur (3) umur, pendidikan, pendapatan, dan pengetahuan secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap waktu pengambilan keputusan membeli polis; (4) sumbangan pengaruh faktor umur, pendidikan, pendapatan, dan pengetahuan terhadap waktu pengambilan keputusan pembelian polis asuransi jiwa adalah sebesar 56,90 %.

Saran yang dapat disampaikan (1) hendaknya perusahaan dalam mengambil kebijakan untuk meningkatkan waktu pengambilan keputusan membeli polis asuransi bagi nasabah tidak selalu mengkaitkan faktor-faktor tersebut diatas saja tetapi juga faktor diluar model; (2) perlu diusahakan agar keadaan perubahan dari faktor-faktor tersebut perlu juga untuk mempertimbangkan faktor-faktor lain, seperti kemudahan perolehan produk, karateristik produk dan kecepatan pelayanan terhadap keperluan-keperluan nasabah; (3) Perlu dilakukan terus upaya untuk dapat meningkatkan waktu pengambilan keputusan yaitu dengan strategi pemasaran yang selama ini telah dilakukan perusahaan.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Wiyono MM
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis