Penulis Utama : Laily Nurmawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Studi komposisi nutrisi dan media tanam terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman tomat (lycopersicum esculentum Mill) secara hidroponik
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Pertanian UNS - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Pertanian NIM.H0100019-2005
Subyek : TOMAT
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tomat merupakan salah satu komoditas sayuran yang mempunyai nilai ekonomi tinggi serta mengandung nilai gizi cukup tinggi. Salah satu teknik penanaman yang efisien dalam penggunaan lahan sempit yaitu dengan hidroponik.

Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari pengaruh macam komposisi nutrisi dan interaksi antara kombinasi komposisi nutrisi dan macam media terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman tomat secara hidroponik. Penelitian ini dilakukan pada bulan April sampai dengan September 2004 di screen house, Fakultas Pertanian UNS. Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) faktorial dengan dua faktor perlakuan, yaitu macam media, yang terdiri dari arang sekam dan abu sekam, dan macam komposisi nutrisi, yang terdiri dari (Mix A dan B Joro), (Urea+SP36+KCl+Gandasil D dan B), (Urea+SP36+KCl+resep Hogland), (ZA+SP36+KCl+Gandasil D dan B), dan (ZA+SP36+KCl+Gandasil D+PPC Alami). Tiap kombinasi perlakuan diulang 5 kali dan diambil 1 sampel. Data dianalisis dengan analisis ragam berdasarkan uji F, dilanjutkan dengan uji BNT dan DMRT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan macam komposisi nutrisi dan macam media berpengaruh terhadap jumlah daun, kandungan klorofil daun umur 11 mst, bobot segar brangkasan, bobot kering brangkasan, dan saat berbunga. Tidak terdapat interaksi antara macam komposisi nutrisi dan macam media terhadap pertumbuhan dan hasil tanaman tomat.

Kata kunci : hidroponik, nutrisi, tomat

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Ir. Dwi Harjoko, MP
2. Ir. Bambang Pujiasmanto, MS
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian