Penulis Utama : Teguh Sulistyo Budi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Biosorpsi logam ion nikel (II) oleh biomassa saccharomyces cerevisiae dengan perlakuan NaOH
Edisi :
Imprint : Surakarta - FMIPA UNS - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-FMIPA-2004
Subyek : NIKEL-TOKSIKOLOGI
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Telah dipelajari biosorpsi ion logam nikel (II) oleh biomassa Saccharomyces cerevisiae dengan perlakuan NaOH. Penelitian ini dilakukan untuk mempelajari pengaruh pH awal larutan ion logam nikel (II) dan waktu kontak terhadap kemampuan biomassa S. cerevisiae dalam mengadsorpsi ion logam nikel (II). Persamaan Langmuir dan Freundlich digunakan untuk mengetahui model isoterm adsorpsi. Uji reversibilitas pada biomassa S. cerevisiae dilakukan dengan menggunakan akuades.

Proses biosorpsi dilakukan dengan menvariasi pH 2, 4, dan 6 dan waktu kontak 0, 1. 3, 5, 10, 20, dan 30 menit. Interaksi antara ion logam nikel (II) dalam larutan dengan biomassa S. cerevisiae dilakukan dengan metode batch. Karakterisasi gugus fungsi yang ada dalam biomassa S.cerevisiae dilakukan dengan Fourier Transform Infra Red (FTIR). Analisis dengan menggunakan Spektroskopi Serapan Atom digunakan untuk menentukan konsentrasi ion logam nikel (II) dalam larutan. Banyaknya ion logam nikel (II) yang teradsorpsi ditentukan dengan menghitung selisih antara konsentrasi ion logam nikel (II) yang terdapat dalam larutan sebelum dan sesudah proses biosorpsi.

Hasil analisis menunjukkan bahwa proses biosorpsi ion logam nikel (II) dipengaruhi pH awal larutan dan waktu kontak. Proses biosorpsi pada selang waktu percobaan mencapai kondisi maksimum pada pH 6 dan waktu kontak 30 menit dengan harga kapasitas penyerapan 1,755 mg/g. Analisis isoterm adsorpsi biomassa S. cerevisiae terhadap logam nikel mengikuti isoterm adsorpsi Langmuir dengan harga koefisien regresi (r) = 0,992. Uji reversibilitas pada biomassa S. cerevisiae menunjukkan bahwa 14,617 % ion logam nikel (II) terlepas dari biomassa S. cerevisaie yang menunjukkan bahwa jenis isoterm adsorpsi yang terjadi kimia-fisika namun mekanisme kimia lebih dominan.

Kata kunci : Biosorpsi, Biomassa S. cerevisiae, Nikel (II), NaOH.

.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik